NEWS UPDATE

14 Juli Gubernur Lepas JCH Maluku

Rapat Koordinasi (Rakor) Peberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Provinsi Maluku tahun 1440 H / 2019 M di Asrma Haji Waiheru

SESUAI dengan agenda dan tahapan  penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/ 2019 M di Provinsi Maluku dipastikan pada tanggal 14 Juli 2019 mendatang, Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Maluku akan dilepas oleh Gubernur Maluku. Irjen. Pol. (Pur) Drs. H. Murad Ismail. 

“Ya sesuai jadwal tanggal 14 Juli nanti kloter 12  jamaah haji Maluku akan mulai terbang melakukan perjalanan ibadah haji, dan bapak Gubernur yang secara resmi akan melepaskan seluruh jamaah haji tersebut, ” ujar Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, S.Ag, M.Pd.I  dalam Rapat Koordinasi  Peberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Provinsi Maluku tahun 1440 H / 2019 M, di Asrama Haji Waiheru, Kota Ambon, kemarin.

Menurutnya, jumlah JCH  Provinsi Maluku tahun ini sebanyak 1272, mereka terbagi dalam kloter 12, 13 dan Kloter 14 JCH Indonesia. Proses penerbangan para jamaah akan dilakukan secara bertahap, dimulai pada tanggal 14 Juli,  seluruh jamaah akan menuju embarkasi haji makasar, sebelum diterbangkan dari tanah tanah air menuju ke Arab Saudi.

“Untuk tahun ini seluruh jamaah akan mengunakan maskapai penerbangan Lion Air,  menuju embarkasi haji Sudiang Kota Makassar,” Tutur mantan Kasubbag IK dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Maluku ini.

Selain itu, pihaknya saat ini bersama   Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas II Ambon saat ini telah melakukan rapat koordinasi rakor tersebut bertujuan menyamakan persepsi, tentang teknis pelaksanaan atau penyelenggaraan pemberangkatan dan pemulangan JCH Provinsi Maluku.

“Ini memang menjadi perhatian karena Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, bersama dengan seluruh kemitraan strategis menghendaki adanya peningkatkan kinerja pelayanan kepada jamaah haji, rapat ini bertujuan untuk menyatukan persepsi kita, ” ujar Yamin.

Agenda penyampaian persiapan tim penyelenggara telah disampaikan, mulai dari kesiapan asrama untuk menampung ratusan jamaah yang datang dari Kota/Kabupaten, kesiapan anggota tim dan dukungan dari kemitraan strategis guna menunjang kelancaran penyelenggaran haji tahun ini.

“Rapat ini akan kembali dilanjutkan sesuai agenda, kita berharap agar seluruh tim yang bertugas nanti akan memaksmilakan perannya mulai dari proses keberangkatan jamaah haji sampai pemulangan nanti,” tandas Yamin. (RM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top