NEWS UPDATE

2 ‘Penantang’ Vs 2 Incumbent KPU Maluku, Siapa Tidak Lolos ?

EMPAT calon anggota anggota KPU Maluku telah selesai mengikuti tahapan phisiko test yang telah dilaksanakan pada Jumat  1 Maret 2019 oleh pihak ketiga yakni Tim Psikolog dari Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

Direncanakan, Selasa 5 Maret 2019, Phisiko Test sudah bisa diketahui. Siapakah yang tidak lolos dari empat calon anggota KPU Maluku,  yakni  Samsul Rifan Kubangun, Hanafi Renwarin, Abdul Khalil Tianotak, dan Rommi Imelda Rumambi.

Sebagaimana diketahui pada seleksi phisiko test sebelumnya,  dua incumbent anggota KPU Maluku,  Rifan Kubangun dan Hanafi Renwarin dinyatakan tidak  lolos. 

Untuk Phisiko Test kedua ini, mereka ‘melawan’  dua ‘penantang’ baru  yang dinyatakan lolos CAT dari 35 calon anggota KPU Maluku, yakni  Abdul Khalil Tianotak, dan Rommi Imelda Rumambi. Siapakah yang tak lolos ?

Ketua Timsel Calon Anggota KPU Maluku, Amir Kotarumalos , kepada Rakyat Maluku, mengatakan tahapan seleksi khususnya  Phisiko  Test telah selesai dilakukan dan hasilnya sementara ditunggu.

“Phisiko Test telah dilaksanakan oleh pihak ketiga yakni  dari Tim Psikolog dari Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Dan hasilnya disebut sudah bisa diketahui 4 Maret 2019 (hari ini). Kita Timsel tunggu saja, kalau hasilnya sudah ada pasti kita umumkan,” tandas Kotarumalos.

Sementara mengenai kemungkinan hasil seleksi phisiko taat akan ada yang tidak lolos, dan kemungkinan tidak memunuhi syarat yang  ditentukan yakni 5 calon komisioner,  Kotarumalos mengaku memang untuk hal ini Timsel sedikit mengalami dilema.

Jika nantinya yang lolos sampai akhir seleksi lima calon anggota tidak menjadi persoalan. Tapi jika pada tahapan phisiko test ada yang tidak lolos, kemudian tahapan kesehatan dan wawancara juga  ada yang tidak lolos, kemudian tahapan uji kelayakan dan kepatutan juga ada yang tidak lolos  tentunya tidak ada mencukupi sebagai calon anggota KPU Maluku, karena membutuhkan lima calon. 

“Nanti kita akan lihat solusinya kedepan jika ini terjadi  bagaimana. Tapi yang pasti Timsel  tetap  bekerja sesuai petunjuk yang telah diputuskan,” tandasnya. 

Kendati demikian, Kotarumalos tetap berharap dari tujuh calon anggota KPU Maluku yang tersisa ini,  semuanya bisa lolos sampai tahapan akhir hingga nantinya bisa ditemukan lima calon anggota KPU sesuai dengan harapan seluruh masyarakat Maluku, sehingga   berbagai tahapan pelaksanaan pemilu 2019 bisa berjalan dengan baik.

Untuk diketahui setelah  hasil Phisiko Test diumumkan nanti,  siapakah dari empat nama  yakni Samsul Rifan Kubangun, Hanafi Renwarin, Abdul Khalil Tianotak, dan Rommi Imelda Rumambi yang akan  lolos masuk ke tahapan selanjutnya yakni test kesehatan  dan wawancara oleh Timsel.

Yang mana untuk  test kesehatan dan  wawancara sudah ada tiga peserta yang lolos sebelumnya  dan menunggu untuk mengikutinya  yakni Almudatsir Sangadji, La Alwi dan Enggelbertus Dimatubun.

Setelah itu  peserta yang lolos dua tahapan itu akan melaju ke tahapan berikut yakni uji kelayakan dan kepatutan yang digelar di KPU Pusat, untuk kemudian menetapkan lima komisioner KPU Maluku. (RM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top