Ambonesia

53 Persen Pengeluaran Bulanan RT di Maluku untuk Beras

RakyatMaluku.com – SEKTOR pertanian merupakan penyumbang terbesar dari 17 sektor yang menjadi tolak ukur di Provinsi Maluku. Dimana dalam struktur ekonomi, kontribusi sektor pertanian pada tahun 2017 kemarin mencapai 23,38 persen. Dan angka itu masih bertahan hingga masuk triwulan pertama tahun 2018 ini.

Selain itu juga, sektor ini berperan untuk menjaga ketersediaan pangan masyarakat menuju kadaulatan pangan.
Di mana dalam RPJMD 2014-2019, Pemerintah Provinsi Maluku telah mencanangkan sasaran tercapainya swasembada pangan ditahun depan sebesar 100 persen. Sayangnya sasaran ini dianggap sangat berat untuk dicapai.

Mengingat separuh pengeluaran bulanan rumah tangga (RT) di Maluku 53 persen adalah untuk membeli beras. Demikian diungkapkan Plt Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.

Menurut Sahuburua, Selasa 15 Mey, kondisi ini tergolong tinggi, jika dibandingkan dengan belanja bahan makanan seperti ikan yang mencapai 41 persen, sayuran 26 persen dan umbian 14 persen. Disisi lain, beras tercatat sebagai penyumbang kemiskinan dari kelompok makanan sebesar 27 persen.

Dengan demikian, dibutuhkan pendekatan yang beragam, mulai dari peningkatan luas tanam, penggunaan teknologi, alat mesin pertanian, termasuk upaya untuk mengurangi komsumsi beras.

Untuk itu, dinas pertanian harus menekankan peran penting sektor pertanian bagi kehidupan masyarakat dan pembangunan di Maluku. “Perlu lakukan langkah strategis untuk meningkatkan produksi gabah, sehingga mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat,” kata dia. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top