Ambonesia

Antisipasi Banjir, Pemkot Ambon dan BWS Diminta Keruk Sungai

Ilustrasi Keruk

RakyatMaluku.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Balai Sungai Wilayah Maluku diharapkan bisa berkoordinasi untuk melakukan pengerukan sedimentasi lima sungai di Kota Ambon, mengingat Kota Ambon saat ini diperhadapkan dengan musim hujan.

Pengerukan itu harus dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi bencana banjir di Kota Ambon. terutama pada lima sungai yang ada di Kota Ambon, yakni sungai Wairuhu Hative Kecil, Batu Merah, Waetomu, Batu Gajah Kecamatan Sirimau, dan Sungai Batu Gantung Kecamatan Nusaniwe.

Kepada wartawan, Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Rustam Latupono di ruang kerjanya, Selasa 15 mei kemarin mengatakan, terkait dengan pengerukan sungai di Kota Ambon itu perlu dilakukan untuk upaya mengatisipasi banjir di Kota Ambon.

Menurutnya, upaya tersebut sudah didorong oleh DPRD Kota Ambon terutama oleh Komisi terkait untuk dilakukan pengerukan mengingat Kota Ambon terdapat lima titik sungai besar yang ra­wan banjir. Tetapi, mekanisme penganggaran yang be­lum dilewati. “Itu akan menjadi programtambahan dari dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan kegiatan tersebut, tentu juga berkoordinasi dengan pihak Balai Wilayah Sungan,” ujar Rustam.

Kata Dia, DPRD selalu mendorong agar sebelum musim hujan itu sudah harus dilakukan pe­nge­rukan sendimen agar tidak berimbas kepada mas­yarakat yang bermukim disekitar wilayah sungai. “Kalau hari ini kewenangan pengerukkan itu ada pada DPRD, maka sudah selesai dilakukan itu barang,” tuturnya.

Dia mengakui, bahwa salah satu kendala sehingga kegiatan-kegiatan pengerukkan itu belum juga dilakukan karena harus melalui tahapan-ta­hapan, baik menyangkut dengan perencanaan, pro­ses pelelangannya serta dokument dan proses lainnya. “Jadi saya kira, bisa ditanyakan ke dinas PUPR ter­kait dengan proses untuk melakukan pengerukkan itu sudah sejauh mana. kalau kita kan tentu akan terus mendorong. Karena ketika diusulkan ke DP­RD, baru akan kita setujui. Karena ini menyangkut dengan kepentingan masyarakat,” kata dia. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top