Berita Utama

Jaksa Periksa Mantan Direktur Pemasaran Bank Maluku

RakyatMaluku.com – TIM Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku melakukan peme­riksaan terhadap dua saksi dalam perkara korupsi penjualan dan pembelian surat-surat hutang/Reverse Repo Obligasi pada Kantor Pusat PT. Bank Maluku-Malut tahun anggaran 2011 – 2014 sebesar Rp 238,5 miliar. Dua saksiitu, mantan Direktur Pemasaran PT. Bank Maluku Periode 2011 – 2014 inisial WPP dan CT.

Menurut Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Maluku Samy Sapulette, pemeriksaan kedua saksi itu untuk melengkapi berkas per­kara tersangka Idris Rolobessy selaku mantan Dirut Bank Maluku-Maluku Utara (Malut) dan tersangka Izaack Thenu selaku mantan Direktur Kepatuhan Bank Maluku ditahap penyidikan.

“Ia benar, hari ini (kemarin, red) saksi WPP dan saksi CT menjalani pemeriksaan untuk tersangka Idris Rolobessy dan tersangka Izaack Thenu,” ucap Samy, kepada wartawan di ruang ker­janya, Selasa, 15 Mei 2018.

Dijelaskan, dalam pemeriksaan yang berlang­sung secara terpisah, saksi CT dicecar puluhan per­tanyaan oleh Jaksa Penyidik Bayu Sugiri, sejak pukul 10.00 Wit. Sedangkan saksi WPP dicecar 23 pertanyaan oleh Jaksa Penyidik Zulfikar, sejak pukul 11.00 – 16.00 Wit.

“Hasil pemeriksaan kedua saksi ini juga nantinya akan diserahkan kepada BPKP untuk kepentingan audit penghitungan kerugian keuangan negara,” jelas Samy.

Untuk diketahui, Bank Maluku saat itu mener­bitkan obligasi sebesar Rp 300 miliar dalam bentuk tiga seri, yakni seri A sebesar Rp 80 miliar yang telah dilunasi pada 2013. Seri B Rp 10 miliar telah dilunasi pada 2015. Dan Seri C sebesar Rp 210 miliar jatuh tempo pada Januari 2017.

Berdasarkan hasil pemeriksaan rutin pada 2014, ditemukan transaksi penjualan dan pembelian surat-surat hutang/obligasi pada Kantor Pusat PT. BPDM sebesar Rp 238,5 miliar. Selain itu, OJK menemukan transaksi yang sama sebesar Rp 146 miliar dan USD 1.250 ribu. Kedua transaksi itu dilakukan pihak Bank dengan PT. AAA Sekuritas. (RIO)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top