Ambonesia

Komisi III Desak Pemkot Selesaikan Pasar Apung Mardika

RakyatMaluku,com – KOMISI III DPRD Kota Ambon mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk segera menyelesaikan dan memfungsikan pasar apung di Mardika. Pasalnya, pembangunan pasar tersebut hingga kini belum juga diselesaikan.

Ketua Komisi III, Yusuf Wally, menegaskan, pasar apung yang dibangun oleh Pemkot Ambon itu harus segera diselesaikan agar seluruh pedagang kaki lima (PKL) tidak lagi berjualan di sekitar badan jalan.

Komisi menduga, sebagian bangunan yang didirikan sengaja dialihfungsikan menjadi tempat tinggal para pedagang. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu akibat pasar tersebut terbengkalai dan belum difungsikan sesuai peruntukannya.

“Alih fungsi pasar Apung di Mardika itu, kalau memang keinginan pemerintah kota Ambon untuk menjadikan kawasan itu untuk tempat berjualan, maka tentu harus betul-betul dijaga dan ditata secara baik, agar jangan lagi ada pemukiman warga yang dibangun di lokasi pasar apung itu,” ujar Yusuf.

Kata Yusuf, pemerintah harus segera menyelesaikan pasar apung itu untuk difungsikan. Sebab, warga sekitar telah memanfaatkannya untuk membangun rumah tempat bermukim. Kondisi yang ada saat ini harus segera dilakukan penertiban. Pemkot melalui dinas terkait juga harus bisa bekerja sama untuk menata terminal Mardika dengan baik agar tidak terjadi macet, dan juga sekaligus melakukan penataan terhadap pasar di Mardika. Karena yang menjadi sumber kemacetan ini penataan pedagang dan kendaraan angkutan umum yang buruk. “Jadi kedua hal ini harus segera dibenahi,” jelas dia.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Ambon, Lucky Upulatu Nikijuluw menambahkan, kondisi pasar Apung saat ini sangat terbengkalai. Sehingga diperlukan intervensi anggaran. Karena pembangunan yang menghabiskan anggaran miliar rupiah ini terkensan mandek. Pasar apung itu harus segera ditindaklanjuti agar bisa diselesaikan dan difungsikan.

Karena jika tidak, maka warga akan semakin memadati kawasan itu untuk membangun pemukiman, terutama bagi para PKL di kawasan itu. Terhadap kondisi tersebut, komisi sangat mendorong agar pasar apung bisa segera diselesaikan dan menjadi tanggung jawab bersama. Karena ketika pasar itu difungsikan, maka akan mendukung aktivitas jual beli masyarakat serta meminimalisir kemacetan di kawasan Mardika.

“Jika pasar Apung ini difungsikan dengan baik, maka tidak ada pedagang lagi yang berjualan di badan jalan. Minimal pada pedagang bisa terakomodir dan juga mengurai kemacetan. Jadi harus ada penyelesaian dari Pemkot Ambon. (R1)

==========
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top