All Sport

Nama John Mailoa Dikenang, Sepak Bola Tulehu Butuh Perhatian

Ketua Tim Tulehu Putra Sani Tawainela saat memberikan arahan di hadapan keseblasan yang dipimpinnya.

RakyatMaluku.com – “GAJAH mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama.” Pepatah usang ini tampaknya bisa disematkan kepada John Mailoa (alm). Nama politisi PDIP ini masih tetap dikenang oleh warga Tulehu terutama para pencinta bola. Namanya selalu diingat karena jasanya yang begitu besar terhadap sepakbola Tulehu ditandai dengan karyanya mendirikan Stadion Matawaru.

“Nama Pak John kami tidak lupa. Beliau adalah sosok yang sangat peduli pada pengembangan sepak bola di Tulehu. Dia satu-satunya pejabat Maluku yang begitu besar perhatiannya hingga beliau ikut menyumbangkan berdirinya Stadion Matawaru,” ujar Ketua Tim Keseblasan Tulehu Putra Sani Tawainela, kemarin.

Sejak terjun di dunia politik, nama John Mailoa termasuk figur yang sangat peduli pada sepak bola Tulehu. Gagasannya membantu pembangunan Stadion Matawaru tersebut tak lepas karena rasa cintanya terhadap putra-putra Tulehu yang telah banyak berhasil mengantarkan nama baik Maluku di pentas olahraga nasional.

“Tak sedikit putra-putra Tulehu yang membawa nama harum Maluku pada liga nasional. Inilah yang mendorong beliau ikut berpartisipasi menghidupkan olah raga sepak bola di Tulehu,” ujar Sani Tawainela.

Sebagaimana diketahui, Desa Tulehu, Maluku Tengah, telah banyak melahirkan sosok pesepakbola di Maluku. Negeri ini seolah “ditakdirkan” menjadi talenta pemain-pemain bola berbakat. “Bahkan Desa Tulehu kerab disandingkan dengan “Brazil”nya Indonesia,” ujarnya.

Meski nama Tulehu telah mengukir sejarah panjang olah raga sepak bola nasional, namun perhatian pemerintah daerah baik dari sisi pengembangan, pendidikan, dan pelatihan masih jauh dari harapan.

“Jangankan soal sarana stadion, memberangkatkan tim ke luar Maluku saja kami harus patungan. Ya, namanya latihan dan pembinaan kan butuh uang. Beli Aqua saja kita harus patungan. Belum lagi beli bola untuk latihan. Dananya dari mana harus kita ambil,” ujar salah satu senior yang lain di Lapangan Matawaru. (IQI)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top