Berita Utama

Senin, Tiga Calon Gubernur Maluku Adu Strategi

Rakyat Maluku – PUBLIK tentunya ingin mengetahui secara komprehensif mengenai strategi dari tiga kompetitor bakal calon gubernur-wakil gubernur Maluku 2018-2023 untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat lima tahun mendatang.

Dalam rangka mewujudkan pemilu yang demokratsi, akuntabel, maka debat publik yang merupakan salah satu tahapan dalam penyelenggara pilkada, diharapkan menjadi instrument penting bagi masyarakat untuk mendalami visi kepemimpinan para calon kepala daerah.

Bertempat di ruang kerjanya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengaku, debat kandidat akan berlansung dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilaksanakan pada Senin, 7 Mei 2018, nanti dan disiarkan TVRI secara nasional.

“Jadi kami juga sudah sampaikan kepada seluruh tim kampanye yang hadir dalam rapat koordinasi bahwa, kegiatan debat kandidat tahap pertama akan berlansung pada tanggal 7 Mei 2018. Debat ini, disiarkan secara lansung oleh TVRI Nasional. Jadi seluruh masyarakat bisa menyaksikan debat yang merupakan tahapan urgen di pilkada ini,” kata Rifan, kemarin.

Rifan menekankan, setiap kandidat wajib menghadiri kegiatan debat kandidat tersebut, karena momentum debat kandidat adalah panggung pasangan calon untuk mengulas apa saja yang menjadi strategi mereka terkait dengan thema yang telah ditetapkan dan dirangkum oleh KPU.

“Setiap kandidat harus ada dalam kegiatan debat kandidat, karena momentum debat kandidat adalah panggung pasangan calon untuk mengulas apa saja yang menjadi strategi mereka terkait dengan thema yang telah ditetapkan dan dirangkum oleh KPU,” tekannya.

Soal apa yang akan diulas dan dibahas para kompetitor dalam debat kandidat tersebut, Syamsul mengatakan, ada tiga thema yang disiapkan KPU dalam debat tersebut, sesuai dengan peraturan yang ada. Yakni, upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat demi untuk kemajuan daerah.

“Jadi ada tiga tema yang kita rangkum sesuai dengan aturan kami, pertama adalah upaya miningkatkan pelayanan masyaakat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan demi kemajuan daerah. Itu tiga thema yang kami usung,”ungkapnya.

Dia juga mengatakan jika soal teknis debat akan disampaikan kepada seluruh tim saat takhnical metting,”Nanti teknisnya kita sampaikan soal ada berapa segmen yang akan dibahas, pada saat tachnikal metting, dan kami juga sudah menyurati empat rektor di Ambon untuk memintai kesediaan sebagai panelis dalam debat kandidat tersebut,” lanjutnya. (ASI)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top