Ambonesia

Tahun Ini, Maluku Dapat Bantuan Rumah Khusus Dan Swadaya

Ilustrasi

RakyatMaluku.com – KEPALA Dinas Permukiman dan Perumahan Rak­yat Provinsi Maluku Kasrul Selang, mengungkapkan kalau dalam tahun 2018 ini, Maluku dipastikan mendapatkan bantuan pembangunan rumah khusus dan rumah swadaya dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Sementara masih dihitung oleh kementrian untuk alokasi anggarannya. Nanti kalau semua provinsi hitungannya sudah rampung, baru kita tahu alokasi untuk Maluku berapa,” akui Kasrul, kepada wartawan di Kota Ambon, Selasa, 15 Mei.

Menurut dia, dari informasi dari kementrian, jatah untuk daerah ini bagi rumah khusus bisa mencapai 50 unit rumah, sedankan untuk swadaya bisa capai 3000-an. Semua itu tergantung pada kesiapan data dari daerah.

Ia menjelaskan, untuk program bantuan rumah swadaya, merupakan program kementrian dalam menyelesaikan masalah rumah tidak layak huni atau lebih dikenal sebagai program bedah rumah.

Bentuk program ini, meliputi peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru dilihat dari kualitas atap, lantai dan dinding rumah untuk dapat memenuhi syarat kesehatan, keselamatan dan kenyamanan.

Sedangkan rumah khusus adalah program Kementerian PUPR yang dibangun untuk daerah-daerah perbatasan, guru, tenaga medis, daerah tertinggal, pulau terluar, masyarakat nelayan dan pemuka agama. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top