AMBONESIA

Pemkot Ambon Harus Siapkan SDM Berkualitas

Ilustrasi

RakyatMaluku.com – DEWAN Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon meminta agar Pemerintah Kota Ambon mempersiapkan sumber daya manuasia (SDM) yang betul-betul memadai untuk menjawab peluang terbukanya lapangan kerja di Australia yang disediakan khusus untuk tenaga kerja asal Ambon.

Upaya pemkot Ambon dalam menjalin hubungan kerjasama dengan Vocational Education, Training, and Employment Australia (VETEA) di Adelaide, Australia, akhir November 2017 lalu, khususnya dalam membuka pendidikan vokasional di Ambon dalam menghadapi perkembangan kedepan itu diapresiasi oleh DPRD Kota Ambon.

Hubungan kerjasama itu telah dibangun pada tahun 2017 yang mana ditandatangani langsung oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy. Kerjasama tersebut kini telah mendapat dukungan dari Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Sydney yang dihadiri dan diterima langsung oleh wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler pada Selasa (17/7) lalu.

Anggota DPRD Kota Ambon, Gerald Mailoa mengatakan, kerjasama yang dibangun oleh pemerintah kota Ambon itu tidak diketahui oleh DPRD. Namun, jika hasilnya itu membuka peluang bagi tenaga kerja asal Ambon, tentu didukung oleh DPRD Kota Ambon sendiri. Namun, Pemkot Ambon dalam menjawab peluang tersebut harus menyiapkan tenaga kerja yang betul memadai.

“Kita tidak tahu ada kerjasama yang dibangun oleh Pemkot untuk membuka peluang kerja bagi tenaga kerja asal Ambon. Pemkot harus mampu menyiapkan SDM yang berkualitas untuk mengisi peluang itu,” ujar Gerald kepada Rakyat Maluku, Jumat 20 Juli 2018.

Kata dia, tenaga kerja yang disiapkan untuk kemudian dikirim ke Australi itu harus bermutu, yang tidak hanya dinilai pada sebuah sertifikat saja, namun keahlian ilmu yang dipelajari itu betul-betul matang, sehingga pada saat mengisi peluang yang ada itu kemudian mampu mengendalikannya.

“Kita tentu mendukung kebijakan pemerintah yang menguntungkan masyarakat kota Ambon, apalagi menyangkut dengan peluang kerja yang disediakan. Oleh sebab itu, pemkot harus siapkan SDM yang baik dan berkualitas berdasarkan bidang yang dibutuhkan di Australi,” jelas dia.

Ditakutkan, jangan sampai yang mengisi posisi tersebut tidak seperti yang diharapkan, sehingga kemudian mereka dijadikan sebagai pembantu.

Sementara itu, Anggota komisi I DPRD kota Ambon, Yuliana pattipeilohi menambahkan, DPRD tentu akan mendukung jika ada kerjasama pemkot yang menghasilkan peluang kerja bagi warga Kota Ambon di luar negeri.

“Saat ini kan begitu sulit lapangan kerja bagi warga Ambon. Untuk itu jika ada peluang yang dibangun dan menghasilkan, tentu kita mendukung itu. Pemkot juga harus siapkan SDM dari Ambon yang memang betul bisa terpakai di Australi,” ujar Yuliana. (R1)

========= ========= ======================
--------------------

Berita Populer

To Top