Ambonesia

Ikan Bakar Khas Ambon Juara II Lomba Masak Ikan Nusantara

RakyatMaluku.com – IKAN bakar khas Ambon yang disajikan dengan kua khas Ambon pula, “colo-colo pala”, berhasil membuat lidah rasa para juri pada Lomba Masak Ikan Nusantara, dalam rangka menuju Istana Negara, yang diselenggarakan Kantor Staf Kepresidenan, bersam Primarasa dan Situs Masak Femina Grup, di Restoran Bandar Djakarta, kemarin.

Di mana, menuju ikan bakar yang disajikan Sientje Toumahu asal Kota Ambon tersebut, berhasil dinobatkan sebagai juara II, setelah mengalahkan peserta asal Kota Bitung. Sementara juara I diraih oleh peserta dari Kota Mataram.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, mengungkapkan kebanggaannya karena ada peserta asal Kota Ambon yang lolos pada lomba tersebut. Setidaknya, kata Walikota, peserta yang lolos juara II tersebut, telah membawa nama baik Kota Ambon pada khususnya, dan Maluku umumnya.

“Semua ikan yang digunakan pada ajang final lomba masak ikan nusantara itu berasal dari Ambon-Maluku. Kita sanga bangga karena masakan khas orang Maluku dan Ambon secara khusus itu ternyata lezat juga,” ujar Richard.

Rasa bangga terhadap keberhasilan Sientje peserta dari Kota Ambon, juga diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kota Ambon, Steven Patty. Baginya, keberhasilan Sientje dengan meraih juara II, menjadi bukti bahwa perikanan di daerah ini dapat disajikan ke level nasional, yang tentu, harus disertai dengan dukungan ketrampilan pula yang memadai.

Sebagai pejabat Dinas Perikanan Kota Ambon, mestinya Steven lebih memahami dan mengetahui kondisi perikanan maupun rasa menu ikan di daerah ini. “Ketiga pemenang mendemonstrasikan masakannya di Istana Merdeka yang langsung disajikan kepada Presiden RI, Joko Widodo. Saya bangga, ternyata masakan khas Ambon dan Maluku secara umum itu punya cita rasa yang luar biasa sehingga bisa mendapat juara II,” ujar Steven. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top