Ambonesia

Rumah Sakit Terapung Satya Erlangga Singgahi Maluku

RakyatMaluku.com – PASCA membantu masyarakat Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diterpa bencana Gempa Bumi, kemudian melanjutkan perjalanan ke Alor. provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Setelah itu Rumah Sakit Terapung Satya Erlangga, akan melanjutkan perjalanan ke Maluku pada bulan oktober 2018 mendatang.

Rumah Sakit yang dibuat Alumni Universitas Erlangga ini, akan menetap satu bulan dengan menyingahi 11 titik, yang difokuskan untuk daerah terpencil, tertinggal dan terdepan, yakni Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Kepulauan Aru.

“Selama ini kita sudah melayari kawasan Indonesia bagian barat, salah satunya jawa timur di kepulauan madura. Dan sekarang kita ke Maluku. saya juga sudah melaporkan hal ini kepada bapak Gubernur Said Assagaff terkait hal ini, ternyata mendapat respon baik dari beliau,” ujar dr. Herni Suprapti, selaku Wakil Direktur Umum dan Keuangan RST, kepada wartawan kemarin.

Dijelaskan, kapal terapung tersebut memiliki panjang 27 meter dan lebar 7 meter, terdapat dua kamar operasi besar dan kamar operasi kecil. Selain itu, dilengkapi dengan fasilitas kesehatan yang memadai, dan tenaga medis dan dokter, juga bekerjasama dengan RS soetomo dan Erlangga dan dokter dari RS swasta lain yang mau ikut berbakti.

“RS terapung ini spesifik untuk operasi beda, dokter yang ada juga berasal dari RS Soetomo dan Erlangga serta Dokter dari RS swasta yang ingin ikut berbakti dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.” Untuk pelayanan, kata Suprapti diberikan secara gratis tanpa dipunggut biaya apapun. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top