Daerah

Bupati Malteng Dukung Pemindahan Ibukota Provinsi Ke Makariki

Abua Tuasikal

RakyatMaluku.com – BUPATI Maluku Tengah (Malteng), Abua Tuasikal mendukung pemindahan ibu kota Provinsi Maluku ke Makariki Kabupaten Maluku Tengah sebagaimana yang telah menjadi program prioritas dari pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih, Murad Ismail – Barnabas Orno.

“Kalau itu kehendak pemerintah Pusat (Pempus), dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, maka kami sangat mendukung. Bahkan kami juga berharap agar pemindahan tersebut segera dilakukan,” ujar Bupati Malteng Abua usai menghadiri acara Ulang Tahun Murad Ismail di Islamic Center Ambon, Selasa 11 September 2018.

Kata Abua, pemindahan ibukota provinsi, yang dicanangkan akan ditempatkan di Kabupaten Maluku Tengah itu adalah pilihan yang tepat. Karena kondisi lahan yang ada itu sangat strategis, sehingga mendukung perkembangan pemindahan ibukota itu.

Baginya, wilayah Malteng di Pulau Seram, sangat cocok untuk pembangunan infrastruktur penunjang kantor pemerintah Provinsi Maluku. “Saya kira semuanya sudah bagus tinggal kita tunggu saja realisasinya kedepan,” kata Abua.

Dia menjelaskan, pemindahan ibu kota provinsi ini tentu saja didukung dengan berbagai pertimbangan dengan indikator lainnya seperti potensi wilayah. “Rencana pemindahan ini bukan berarti Kota Ambon diabaikan begitu saja, tetap Kota Ambon akan diprioritaskan sebagai kota perdagangan serta kota pendidikan,” tuturnya.

Dia berharap, upaya pemindahan ibukota provinsi itu dapat mendorong lompatan-lompatan yang besar dalam membangun Maluku yang lebih maju lagi. Sebab akan tumbuh sentra-sentra pemerintahan dan perekonomian maupun perdagangan baru yang memungkinkan terjadi percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Maluku.

Menurut dia, daya dukung Ambon sudah tidak bisa dipaksakan lagi karena luas kota tidak mungkin bertambah. Ambon dari waktu ke waktu terasa menjadi semakin sesak akibat tingkat perkembangan kota yang mengalami kemajuan pesat pada semua aspek, baik pertumbuhan ekonomi, infrastruktur hingga pertumbuhan penduduk yang sangat besar, bahkan terjadi ‘ledakan’ dalam beberapa tahun terakhir.

“Jadi kami berharap, program prioritas gubernur dan wakil gubernur yang baru ini bisa secepatnya dilaksanakan,” tandasnya. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top