Berita Utama

Panca Karya Resmi Dipimpin Sihaloho

Sua- ­sana berlangsungnya acara Serah Terima Jabatan Ketua Dewan Pengawas, Direktur Utama dan Direktur Pemasaran Operasional PD Panca Karya di Ruang Rapat lt.6 Kantor Gubernur Maluku, Jumat 21 September 2018.

 – Assagaff Harapkan Panca Karya Beri Kontribusi Pada PAD

RakyatMaluku.com – SETELAH melalui proses yang cukup alot, akhirnya pergantian dewan direksi dan dewan direktur Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya, resmi dilakukan. Serah terimah jabatan (Sertijab) dari dewan yang lama berlangsung di lantai enam kantor gubernur Maluku, Jumat 21 September 2018.

Komposisi tampuh kepemimpinan lama ke yang baru, yakni Ketua Dewan Pengawas yang sebelumnya dijabat Rully Moenandar, digantikan Kepala BKD Maluku Femmy Sahetappy, Direktur Utama dari Afras Pattisahusiwa, kini dijabat mantan Kepala Bappeda Anthonius Sihaloho. Dan posisi Direktur Operasional Pemasaran yang dijabat Yance Wenno, diganti Tammat R Talahou.

Gubernur Maluku Said Assagaff, dalam sambutan tertulis yang disampaikan Staf Ahli, Halim Datis, berharap agar perusahaan milik daerah ini bisa memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya berharap serah terima jabatan ini menjadi langkah strategis yang arahnya ditujukan kepada penguatan kapasitas dan kapabilitas kepemimpinan, manager dan staf, sehingga kedepan akan menjadi salah satu perusahaan daerah yang dapat memberikan kontribusi yang baik bagi PAS,” ujar Assagaff, dalam sambutan tertulisnya.

Assagaff mengatakan, serah terima ini penting guna menumbuhkan cara pandang berusaha yang baru, sehingga mempunyai ide, tekad, kreatif dan inovatif serta berani melakukan hal yang baru.

“Atau hal yang sebelumnya belum ada dibuat menjadi ada, dan harus berani menempuh resiko tetapi dengan manajemen yang baik dan terukur,” tandasnya.

Dikatakan, dalam sebuah organisasi, seperti PD Panca Karya, pergantian pimpinan merupakan hal yang lumrah dalam mekanisme sebuah perusahaan dan merupakan bagian dari upaya peningkatan akselerasi dan kinerja organisasi untuk merespon berbagai tuntutan lingkungan, strategi dari berbagai harapan yang berkembang di masyarakat, dan sudah tentu dalam rangka peningkatan kinerja dari perusahaan itu sendiri.

Alih tugas jabatan ini, disebutnya, selain meru­pakan respon dari panggilan tugas, bakti sebagai wujud pengabdian pada masyarakat dan daerah, juga dimaksudkan agar ada penyegaran, sehingga tugas dan pelayanan dalam PD Panca Karya bisa berlangsung lebih efektif dan efisien.

Menurut Assagaff, efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas-tugas, tentunya diha­rapkan bisa berjalan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik dan akuntabel.

“Dalam dimensi ini, maka penyelenggaraan tugas pengabdian, harus ditopang oleh karakter kepimpinan yang efektif, handal dan berdaya saing serta melayani terutama dalam hal mengelola PD Panca Karya,” tuturnya.

Usai seetijab dimaksud, Mantan Dirut PD Panca Karya, Afras Pattisahusiwa, yang dimintai tang­ga­pan­nya tentang pergantian ini. Menurut dia, bahwa keputusan Gubernur Maluku Said Assagaff, adalah yang terbaik. Apalagi Lembaga Disipilin menilai kinerjanya selama menjabat kurang baik. Meskipun memang ada beberapa hal yang terabaikan.

“Kondisi yang sekarang adalah bagaimana kita fokus untuk operasional dan bayar gaji karyawan. Saya rasa kita harus hormati keputusan yang ada. Inikan amanah, “ tandasnya.

Iapun menyakini, kalau orang yang ditunjuk Gubernur Maluku menggantikan posisinya adalah orang-orang yang tepat. Dan diyakini bisa perbaiki persoalan dalam perusahaan.

“Terima kasih untuk semua staf dan karyawan yang selama ini membantu. Semoga pimpinan yang baru bisa menyelesaikan masalah sesuai apa yang kita harapkan, “ tandasnya. Kesempatan yang sama pula disampaikan Dirut PD Panca Karya Anthonius Sihaloho. Menurut dia hal mendesak yang menjadi prioritasnya adalah menyelesaikan pembayaran gaji karyawan dan bagaimana untuk mengoperasionalkan kembali Kapal Feri.

“Kasih waktu buat saya konsolidasi dulu. Kita akan rapat dengan staf, sehingga bisa ambil kebijakan-kebijakan yang baik, “ singkatnya. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top