Ambonesia

Pendaftaran CPNS Maluku Dibuka 26 September 2018

RakyatMaluku.com – PROSES pengunduran form pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah mulai dibuka sejak, Rabu, 19 September 2018. Sementara untuk proses pendaftaran berupa penginputan data untuk CPNS, baru akan dibuka pada tanggal 26 September 2018 sampai 10 Oktober 2018.

“Jadi dari hasil rapat bersama seluruh kepala BKD tadi pagi, hari ini tetap pengumuman secara umum sesuai ketentuan Kemenpan -RB, tetapi pengumuman baru akan edarkan tanggal 25 September dan tanggal 26 September-10 Oktober untuk pendaftaran, sedangkan persyaratan teknis akan diakomodir oleh masing-masing kabupaten/kota.” Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku, Femy Sahetapy, kemarin.

Dijelaskan, untuk kouta CPNS Provinsi Maluku, mencapai 3232 orang, yakni pemda provinsi Maluku 302 orang, kabupaten Maluku Tengah 309 orang kabupaten Maluku Tenggara 253, Kabupaten Buru 250 orang, kabupaten Maluku Tenggara Barat 244 orang, Kabupaten kepulauan Aru 250 orang, Kabupaten Seram Bagian Barat 250 orang, Kabupaten Seram Bagian Timur 323 orang, Kabupaten Buru Selatan 302 orang, Kabupaten Maluku Barat Daya 250, kota Ambon 231 orang dan Kota Tual 268 orang. Untuk penerimaan dilingkup pemprov Maluku, 302 orang tersebut, terdiri dari 3 formasi cumlaude, 3 formasi khusus penyandang disabilitas dan 296 formasi umum, yang diperuntukan untuk tenaga teknis, guru, kesehatan, perikanan, parawisata dan perhubungan. “Jadi setiap daerah ada formasi khusus 1 persen untuk cumlaude dan penyandang cacat,” kata dia.

Untuk pelaksanaan tes, tutur Femy akan dilakukan dengan dua sistim, yakni berbasis mandiri yang diselenggarakan oleh Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kota Ambon dan Kota Tual dan Pemerintah Provinsi Maluku.

Sedangkan sistim berbasis Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diselenggarakan oleh Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Barat Daya. Bagi dia, pelaksanaam tes berbasis mandiri merupakan tanggungjawab Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, dengan persyaratan harus tersedia 150 unit komputer. Sementara tes sistim berbasis UNBK menggunakan peralatan komputer yang dipakai saat UNBK tingkat SMA/SMK-sederajat maupun SMP/MTs-sederajat.

Untuk tes CPNS dilingkup pemerintah provinsi yang berlangsung secara mandiri, akan diselenggarakan di UPTD BKN, karang panjang, Ambon. Sedangkan Balai Diklat merupakan cadangan jika pendaftar banyak.

“Sebenarnya ada dua opsi, yakni di UPTD BKN dan Balai Diklat. Kalau di Balai Diklat itu merupakan cadangan jika pesertanya banyak. Jadi dalam satu hari ada 5 sesi tes, masing-masing terdiri dari 100 orang, jadi selama satu hari ada 500 orang. Terhitung hari ini, kata dia, masih ada tujuh hari lagi bagi calon pelamar untuk mempersiapkan berkas sebelum pendaftaran CPNS 2018. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top