Berita Utama

Polisi Amankan Ratusan Karung Jin Chan

RakyatMaluku.com – KEPOLISIAN berhasil menga­man­kan 419 karung Jin Chan. Ratusan karung berwarnah me­rah bertulisan China ini dite­mukan di salah satu gudang ru­mah warga di Jalan Sultan Hasanudin, Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis, 13 September sekitar pukul 18.00 WIT.

Benda yang ditemukan ini diduga bahan kimia milik PT Buana Pratama Sejahtera, yang rencananya akan dikirim ke Gunung Bo­tak, Dusun Wamsait, Desa Dava, Kecamatan Wailata, Kabupaten Buru, untuk keperluan penambangan emas. Informasi diperoleh Rakyat Maluku dari sumber menjelaskan bahwa barang-barang ini ditemukan di gudang yang diduga milik BPS yang berada di Tantui, Jalan Sultan Hasanudi, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

“Ada penggerebekan dilakukan Krimsus (Direk­torat Reserse Kriminal Khsusu) Polda Maluku di salah satu gudang di Tantui. Barang-barang yang diamankan berupa ratusan karung Jin Chan. Ini rencananya hendak dikirim ke Pulau Buru,” kata sumber kepada Rakyat Maluku, tadi malam.

Sumber yang enggan namanya dikorankan menjelaskan, seorang perwira berpangkat AKBP sedang menunggu anggotanya untuk memasang police line.

“Sementara menunggu anggota Ditres­krimsus untuk melakukan police line. Ada penjaga gudang juga. Dia bernama Ampi. Gudang ini disewa BPS,” tandasnya. Terkait temuan ini, Kasubdit Tipiter Ditres­krimsus Polda Maluku AKBP Oni Prasetyo, yang dikonfirmasi wartawan, tadi malam membenar­kannya. Kata dia, barang tersebut milik PT BPS.

“Iya benar. Kami kembali menemukan ratusan karung barang bermerek Jin Chan milik BPS. Ditemukan tadi (kemarin) sekitar jam lima sore. Sementara masih dikembangkan,” ungkapnya.

Menurutnya, Jin Chan yang ditemukan tersebut dikirim dari Surabaya, Jawa Timur. Total pengiriman sebanyak 720 karung. Kemudian 300 karung dikirim ke Namlea, Kabupaten Buru, dan langsung diamankan polisi.

“Semuanya ada 720 karung. Lalu sebanyak 300 karung dikirim ke Namlea pada 17 Agustus. Dan esok harinya ditangkap polisi. Sementara disini ada 420 karung. Tapi 1 karung pecah,” jelasnya. (AAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top