Ambonesia

Walikota Ambon Instruksikan UPD Utamakan Layanan Publik

Richard Louhenapessy

RakyatMaluku.com – WALIKOTA Ambon, Richard Louhenapessy, menginstruksikan kepada seluruh unit perangkat daerah (UPD), mulai dari SKPD hingga lembaga pemerintah, untuk meningkatkan dan mengutamakan pelayanan publik. Pasalnya, pelayanan publik menjadi urusan utama dari pemerintahan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Walikota Ambon Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik, D. Nendissa, pada pembukaan Presentasi Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, kemarin.

Menurut dia, pelayanan publik merupakan satu tolak ukur dari kinerja pemerintahan secara kasat mata. Untuk itu, dalam menjalankan roda pemerintahan, pelayanan terhadap publik perlu diprioritaskan.

“Pelayanan publik pada dasarnya merupakan tugas utama pemerintah sekaligus alasan utama dibentuknya pemerintahan.” Bagi dia, pelayanan publik juga merupakan satu parameter kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Masyarakat dapat menilai langsung kinerja kualitas pelayanan publik di semua lembaga pemerintah berdasarkan pelayanan yang diterimanya.

“Untuk itu kualitas pelayanan publik di semua lembaga pemerintahan merupakan suatu hal yang sangat mendasar dan sangat harus segera ditingkatkan,” tegas dia.

Kata dia, dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik tentunya diperlukan inovasi. Karena inovasi merupakan satu faktor yang membuat organisasi tumbuh dan berubah, berkembang dan berhasil. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Ambon berupaya memberikan stimulus dengan mengadakan kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2018 di lingkup Pemerintah Kota Ambon. Walikota berharap, kegiatan presentasi kompetensi inovasi pelayanan publik dalam lingkup Pemerintah Kota Ambon yang dilaksanakan dan menjadi event tahunan itu dapat menumbuhkembangkan budaya inovasi di pemerintahan Kota Ambon. (R1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top