Berita Utama

JK Bersama Pimpinan Asia-Eropa, Hadiri Pembukaan 12th ASEM Summit

Wapres RI Jusuf Kalla berjabat tangan dengan Wakil Presiden Pertama Komisi Eropa Frans Timmermans pada Opening Ceremony 12th Asia Eropa Meeting (ASEM12) di gedung yang sama pada pukul 19.20 waktu setempat.

PADA hari yang sama, setelah dua pertemuan bilateral dengan Wapres pertama Komisi Eropa dan Perdana Menteri Yunani, Wapres hadir pada opening ceremony 12th Asia Eropa Meeting (ASEM12) di gedung yang sama pada pukul 19.20 waktu setempat.

Dalam laporannya yang diterima Rakyat Maluku dari Setwapres, tadi malam, saat Wapres tiba di round table bersamaan dengan pemimpin negara-negara Asia-Eropa, kemudian duduk bersebelahan dengan pemimpin delegasi negara India dan Irlandia.

Ketiganya sempat bersalaman dan berbincang. Wapres juga sempat berbincang dan bersalaman dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Kedua pemimpin delegasi itu terlihat akrab dan serius.

Menurut Wapres, ia menyempatkan diri untuk berterima kasih kepada Jepang atas bantuannya Jepang terhadap bencana di Palu, Sulawesi Tengah.

“Dia akan membantu berapa yang dibutuhkan untuk Indonesia. Saya bilang, nantilah kita setelah rehabilitasi kita lihat lagi,” kata Wapres.

KTT ASEM ke-12 mengangkat tema “Europe and Asia: Global Partners for Global Challenges”.

Pemimpin ASEM membahas berbagai isu, antara lain: perdagangan dan investasi, konektivitas, pembangunan berkelanjutan dan iklim serta tantangan keamanan meliputi isu terorisme, non-proliferasi, keamanan siber dan migrasi.

Dalam pembukaan ini Wapres didampingi Wakil Menteri Luar Negeri, Muhammad Fachir dan Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar. (JR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top