Berita Utama

Kapolda Motivasi Generasi Muda Maluku

RakyatMaluku.com – DI balik kesibukannya dalam mengawal keamanan dan ketertiban di Provinsi Maluku, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa masih sempat menyempatkan waktunya untuk melihat secara langsung aktivitas belajar dan bermain para siswa-siswi yang ada di Kota Ambon. Hal ini terlihat saat Kapolda Maluku berkunjung ke SMA Xaverius Ambon dan salah satu sekolah dasar (SD) di kawasan tersebut, Rabu, 7 November 2018.

Kedatangan mantan Dankorlantas Mabes Polri ini ke dua sekolah yang masih satu kompleks bersifat spontan. Kapolda saat itu sedang menuju tempat kerja, dan secara spontan ia turun dari mobil dinas, dan langsung masuk ke kompleks sekolah. Setelah melihat adanya aktivitas para siswa yang tampak ramai, kedatangan Kapolda mendapat perhatian dari para guru, dan siswa baik di SMA maupun SD tersebut.

Mereka kemudian mengajak foto bersama dengan Kapolda. Usai berpose dengan para siswa SMA di lapangan Basket, Kapolda lalu menuju kerumunan siswa SD. Sebelumnya, saat berada di SMA tersebut, Kapolda juga menikmati permainan basket bersama para siswa SMA, yang kebetulan sedang bermain basket. Meski dengan pakaian dinas, Kapolda tetap merasa enjoy berada di tengah-tengah para siswa.

Usai berbincang, bermain basket, dan foto bersama dengan para guru dan siswa SMA Xaverius, Kapolda lalu menuju sekolah dasar, bersampingan dengan SMA tersebut. Saat berada di tengah-tengah para siswa SD dan SMA, Kapolda serasa menikmati sisi lain dari aktivitasnya sebagai pimpinan tertinggi kepolisian di Maluku.

Di mana, tugas rutinnya sebagai kepala keamanan di daerah ini, tak membuatnya lupa untuk berjumpa dengan anak-anak di Maluku. Selain bercanda dengan para siswa SD, ia juga menanyakan beberapa pertanyaan yang membuatnya tampak akrab di mata para siswa, selayaknya berada di sisi orang tua atau guru mereka.

“Oh iya. Tadi siang, saya spontan main ke SMA Xaverius dan SD di sebelahnya. Tujuannya hanya ingin menyapa Pak Kepala Sekolah dan guru-guru serta para murid. Selesai ketemu Kepsek, saya minta izin menyapa murid di satu kelas. Hanya memberi motivasi sebagai anak muda, jangan mudah putus asa, jangan mengeluh. Maju terus membangun negeri ini,” ujar putera terbaik asal Kota Kawanua, Manado, itu, kepada Koran Rakyat Maluku.

Pada saat itu Kapolda masih sempat bermain basket bersama anak-anak sembari foto bersama. “Ini semua terjadi secara spontan,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan para siswa khususnya yang Kelas 12, yang tidak lama lagi akan mengikuti ujian nasional untuk rajin dan tekun belajar. “Karena, keberhasilan hanya dapat dicapai lewat usaha yang sungguh-sungguh, termasuk belajar yang tekun dan rajin,” ujarnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kabag Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat, saat dikonfirmasi tadi malam.

Menurut Roem, kedatangan Kapolda ke dua sekolah tersebut di luar agenda. “Tadi Kapolda lewat dan melihat ada anak-anak istirahat dan bermain, lalu Kapolda balik dan masuk ke SMA Xaverius. Kapolda masuk dan berbaur dengan para siswa,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, kata Kahumas, Kapolda juga bermain gitar, dan basket bersama siswa. “Setelah itu, siswa dan guru-guru minta foto bersama. Usai foto, lalu Kapolda balik ke kantor. Jadi tidak ada rencana, hanya kebetulan lewat dan mampir sesaat,” singkat Roem. (WHL)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top