Hukrim

Miliki Sabu, Jemmy Leliak Divonis 2 Tahun Penjara

Ilustrasi

PENGADILAN  Negeri (PN) Ambon menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada terdakwa Jemmy Leliak (41) selama dua tahun. Sebab, perbuatan warga Jalan Nn. Saar Sopacua, RT 004, RW 05, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, itu terbukti bersalah melakukan tindak pidana memiliki satu paket Narkotika Golongan I (sabu-sabu).

“Menyatakan, perbuatan terdakwa Jemmy Leliak terbukti bersalah melanggar Pasal 127 Ayat (1) huruf (a) UU NO. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Menyatakan barang bukti berupa satu plastik bening ukuran kecil didalamnya berisi narkotika jenis sabu-sabu, dirampas untuk dimusnahkan,” ucap majelis hakim yang diketuai Jimmy Wally, saat membacakan amar putusannya di PN Ambon, Rabu, 30 Januari 2019.

Hukuman yang dijatuhi majelis hakim itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama lima tahun, dan membayar denda sebesar Rp 800 juta subsider tiga bulan kurungan, karena terbukti melanggar Pasal 112 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

JPU dalam dakwaannya menjelaskan, terdakwa Jemmy Leliak berhasil ditangkap petugas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, di rumah terdakwa di Jalan Nn. Saar Sopacua, RT 004, RW 05, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa, 4 September 2018, sekitar pukul 06.30 Wit.

Awalnya, saksi Wilyam F Siahaya yang adalah anggota Polres Ambon mendapat informasi dari informan, bahwa terdakwa ada memiliki, menyimpan, dan menguasai nakotika jenis sabu. Dari informasi tersebut, saksi Wilyam dan rekannya saksi Steve Lewerissa langsung kerumah terdakwa dan melakukan penangkapan terhadapnya.

Dari hasil penangkapan terhadap terdakwa, saksi Wilyam dan saksi Steve berhasil menyita satu paket sabu dari terdakwa, yang ditemukan dibawah taplak meja ruang tamu. Selanjutnya terdakwa bersama barang bukti diamankan. Saat diintrogasi petugas, terdakwa mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari saudara Andromeda untuk dikonsumsi sendiri. (RIO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top