Ambonesia

NISN Akan Digantikan NIK

Ilustrasi

NOMOR Induk Siswa Nasional (NISN) yang menjadi kode identitas para siswa di seluruh Indonesia, akan segera digantikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), setelah regulasi para siswa wajib menggunakan NIK. 

Rencana perubahan NISN ke NIK ini sesuai araha Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. 

Demikian diungkapkan oleh Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Agustina Lerick, kepada Rakyat Maluku di Kota Ambon, Rabu, 23 Januari 2019.

Menurut dia, pemberlakuan akan dimulai dari Tahun 2019 ini, setelah ada kebijakan dari Pempus, dalam hal ini Kemendikbud RI. Ia mengakui, surat edaran Mendikbud belum diberikan kepada dinas pendidikan di daerah, termasuk MTB sendiri. 

Tapi, wacana dan pernyataan Mendikbud usai pertemuan bersama Dirjen Dukcapil Kemendagri di Jakarta akan segera diwujudkan. 

Menurut dia,  penggantian NISN ke NIK jauh lebih bagus ketimbangan mempertahankan pola lama. Keuntungan lainnya,  adalah para siswa siswi ini dalam dokumen kependudukan sedini mungkin telah tercatat. Sehingga tidak membutuhkan proses lama bila menyangkut pengurusan administrasi kependudukan. 

“Data siswa kan sudah ada pada sekolah masing-masing,  tinggal disesuaikan dengan data keluarga saja. Untuk teknisnya, akan diselaraskan dari pusat ke daerah. Dan pasti ada petunjuk teknisnya (juknis) kepada setiap daerah,” ungkap Agustina.

Dengan dijadikannya NIK sebagai pengganti NISN, maka akan mempermudah pendataan anak-anak yang masuk dalam usia sekolah. Dalam hal ini peranan pendidikan nonformal menjadi strategis bukan lagi pelengkap tapi memiliki peran utama. 

“Hemat saya, kalau NIK ini diberlakukan,  maka kita lebih mudah mendata anak-anak yang putus sekolah, sehingga dinas pendidikan akan lebih terbantu,” tandas dia. (YAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top