Edukasi

Pantai Gumumae SBT Ditetapkan Sebagai Lokasi PPMD Dan KSM Tingkat Provinsi Maluku

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah M. Hanafi Rumatiga didampingi sejumlah Kepala Madrasah saat meninjau langsung lokasi wisata Gumumae Beach di Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur Sabtu 2 Februari 2019.

KEMENTERIAN  Agama Provinsi Maluku, melalui Bidang Pendidikan Madrasah resmi menetapkan lokasi wisata Pantai Gumumae, Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sebagai lokasi pelaksanaan Perkemahan Pramuka Madrasah Daerah (PPMD) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2019 Tingkat Provinsi Maluku yang bakal dihelat Pada bulan Juli 2019 mendatang. 

Penetapan tersebut, setelah tim Bidang Pendidikan Madrasah melakukan peninjauan lokasi selama beberapa hari pada pekan kemarin. Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah M. Hanafi Rumatiga mengatakan, alasan dipilihnya lokasi wisata ternama di Kabupaten SBT ini selain tempatnya yang sangat refresentatif, luas juga sebagai rangkaian mempromosikan potensi wisata.

“Nanti ada dua kegiatan yang bakal dilaksanakan yakni PPMD dan KSM.Keduanya akan dihelat pada Bulan Juli tetapi waktu pelaksanaanya belum ditentukan,”ujar Rumatiga, Minggu 3 Februari 2019. 

Rumatiga menyebutkan, perhelatan Perkemahan Pramuka Madrasah Daerah (PPMD) tingkat provinsi di Kabupaten SBT tahun ini merupakan kali pertama di Maluku. Kegiatan ini dan kegiatan KSM nantinya melibatkan ribuan siswa mulai dari jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) MTs dan MA se-Maluku.

“Khusus event PPMD kami sudah memberikan informasi ke seluruh madrasah di Maluku agar mereka bersiap diri. Sebab, akan melibatkan semua siswa di tiga jenjang pendidikan,”sebut Rumatiga.

Sementara terkait Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi kata Rumatiga, sebelum masuk pada perhelatan ditingkat provinsi maka seluruh kabupaten/kota harus menggelar seleksi ditingkatannya.

Hasil dari seleksi tersebut, tiga orang terbaik permata pelajaran berhak mendapatkan tiket menuju seleksi ditingkat provinsi yang bakal berlangsung di lokasi wisata Gumumae Beach, Kabupaten SBT. Dia menambahkan, melalui momentum PPMD Panitia akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten SBT dalam rangka mempersiapkan anakan pohon untuk ditanam seluruh peserta PPMD disepanjang pemukiman penduduk Kota Bula.

“Ini sebagai bagian untuk mendorong kawasan hijau. Jadi nanti anakan pohon baik itu Rambutan, Mangga dan lain akan ditanam lewat momentum ini.”tambah Rumatiga. 

Dia lantas mengungkapkan, rencana pelaksanaan dua event akbar madrasah itu mendapat dukungan dan respon positif dari Bupati SBT Mukti Keliobas dan jajaran pemerintahannya.

“Memang kita baru menyampaikan secara lisan tetapi dukungannya sudah sangat luar biasa. Bupati SBT sendiri mengatakan akan all out mendukung suksesnya hajatan PPMD dan KSM ini. Kami tentu sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi atas dukungan tersebut,” tandas Hanafi Rumatiga.(CIK)


																														
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top