Berita Utama

Kapal Tujuan Banda Yang Ditumpangi Warga Negara Asing Tenggelam

Ilustrasi

KAPAK  KM. Mersia rute Tulehu tujuan Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng)  yang mengangkut 5 orang Warga Negara Asing (WNA) dikabarkan tenggelam di laut Banda   setelah sebelumnya mengalami mati mesin di perairan Selatan Pulau Ambon, Kamis, 14 Maret 2019.

5 WNA yang berada di dalam kapal tersebut yakni Jean Claude Phillipe, asal Belanda, Marinda Edison asal Phlipina, Mohammed Hasasan asal Qatar, Edwin Josse Bisslik asal Qatar, dan Antoni Albet Aubrey dari Republic Of Seychelles.

Selain 5 WNA, ada 1 pemandu wisata bernama Andi Nasir Hamadin, dan 8 Anak Buah Kapal (ABK) yakni Sadi Rudin, Andi Dasri, Fritwan Kekenusa, Sulaiman Amir, Shaq Harfendy, Abdul Ghani, Muh Sating, dan Junaidi.

Kepala Kantor SAR Ambon,  Muslimin mengatakan saat ini tim SAR sudah dikerahkan ke lokasi kejadian.

“Kantor Basarnas Ambon menerima info mengenai musibah Kamis 14 Maret 2019, sekira pukul 07.15 WIT. Dan info dari agen kapal KM Mersia  sudah tenggelam dan seluruh korban 14 orang berada di diatas LIFE CRAFT dan masih bisa berkomunikasi dengan agen kapal di Bali,” tandas Muslimin.

Penyebab akhirnya kapal ini tenggelam, kata Muslimin belum diketahui. Apakah dihantam ombak atau kapal mengalami kebocoran sehingga tenggalam, pihaknya belum mengetahui pasti. 

“Kami terima informasi dari Pegawai Syahbandar Tulehu, Hamok bahwa mesin  KM Mersia mati. Penyebab kapal tenggelam kami  belum tahu. Team rescue Kansar Ambon dengan menggunakan kapal KN SAR 235 Abimanyu  menuju loksai,” tandasnya. (AAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top