Politik

Wartawan Calon Senator Ini Raih Suara Signifikan

Ongki Anakoda

WARTAWAN senior yang juga calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Maluku nomor urut 47, Ongki Anakoda, ternyata mampu meraih suara yang signifikan pada beberapa wilayah pada kabupaten-kabupaten yang ada di Maluku.

Tak diduga-duga, Ongki mampu bersaing ketat, bahkan bisa mengalahkan calon senator lain termasuk mereka yang diprediksi kuat karena didukung jaringan penguasa di tingkat kabupaten.

Data yang berhasil diperoleh Rakyat Maluku, kemarin menyebutkan, di Seram Bagian Timur (SBT) misalnya, calon senator yang terkenal dengan jargon OA47 unggul di banyak TPS. Ia bahkan mengungguli Nono Sampono sang petahana yang oleh salah satu lembaga survey menempatkannya sebagai calon terkuat.

Contohnya di TPS 4 Desa Geser, Anakoda meraih 75 suara, sementara Nono Sampono 38 suara, Ana latuconsina 28 suara, Zulkarnaen Awat 15 suara sementara Mirati Dewiningsih hanya 8 suara. Sementara di TPS 5, OA47 unggul dengan 114 suara.

Di TPS dua pada desa yang sama dengan DPT 94 pemilih, OA47 mendapatkan 33 suara, disusul  Mirati Dewiningsih 12 suara.

Hal yang sama juga terjadi di Desa Miran Kilian, Desa Usun di Pulau Gorom. Wartawan senior ini juga meraih 103 suara dan unggul dari calon yang lain. Demikian pula di Desa Kataloka pada TPS 12 dan 13 Anakoda meraih 148 suara. Sementara di Desa Rumadurun Kecamatan Wakate OA47 meraih 177 suara disusul Mirati Dewiningsih 24 suara, Zulkarnaen Awat 23 suara dan Barkah Pattimahu 23 suara. Di Desa Namalean Kecamatan Gorom Timur pun Anakoda unggul dari calon lain. 

Anakoda bukan hanya unggul di beberapa desa di Seram Bagian Timur yang jumlah pemilihnya besar, ia juga meraih suara yang siginifikan di Kabupaten Maluku Tengah yang menjadi basis dari Mirati Dewiningsih.

Misalnya di TPS belakang Bank Danamon Kota Masoihi, Anakoda mendapatkan 389 suara dan beda tipis dengan Mirati yang mendapatkan 42 suara.

Ia juga meraih suara yang siginifikan di Desa Waraka. Pada 4 dari 7 TPS di Waraka, Anakoda mendapatkan 45 suara. Pada empat TPS  ini Max Yoltuwu mendapatkan suara tertinggi yaitu 85 suara, lalu Ana Latuconsina 28 suara sementara Miranti Dewiningsih hanya meraih 16 suara.

Anakoda diprediksi akan terus bersaing ketat untuk meraih jatah empat kursi DPD RI asal Maluku karena selain di SBT, ia juga meraih suara di beberapa TPS di Kota Ambon, selain itu ada juga kantong-kantong suara di kabupaten lain yang berpeluang baginya untuk mendulang, antara lain, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru dan Kota Tual. (NAM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top