Berita Utama

Gasperz Leading Lewerisa Di Injury Time

Robby Gaspersz

PERHITUNGAN suara di tingkat KPU Kota Ambon terutama untuk DPRD Provinsi Maluku di Dapil Kota Ambon  yang sering disebut sebagai dapil neraka sudah hampir rampung. 

Semua kecamatan sudah selesai, hanya tinggal Kecamatan Sirimau karena hingga tadi malam masih dilakukan perhitungan  untuk Desa Batumerah.

Kendati begitu, teka-teki soal siapa calon yang akan duduk di DPRD Provinsi Maluku dari dapil ini sudah bisa terbaca.

Dari sembilan kursi di dapil Ambon, dipastikan ada ada lima incumbent yang tetap mempertahankan kursinya karena mempimpin perolehan suara di daftar caleg, masing-masing Richard Rahakbauw dari Partai Golkar, Lucky Wattimury dari PDI-P, Elviana M E Pattiasina dari Demokrat, Ayu H Hasanusi dari Berkarya dan Robby Gasperz dari Gerindra.

Awalnya, sempat ada rumor bahwa PDI-P akan mendapatkan dua kursi dari Dapil Ambon, namun hingga penghujung perhitungan suara kemungkinan itu akhirnya terbantahkan.

Sementara, khusus untuk Partai Gerindra yang sejak awal diberitakan beberapa media lokal bahwa calon nomor satu dari partai itu di dapil ini yaitu, Johan Johanis Lewerisa dipastikan lolos ikut terbantahkan di menit-menit terakhir perhitungan. 

Ini setelah suara dari kecamatan Nusaniwe masuk dimana Roby Gasperz yang adalah calon nomor dua di partai besutan Prabobowo Subianto tercatat mendapat suara yang cukup signifikan yaitu 2.466 suara, sementara Johan Johanis Lewerissa yang adalah adik kandung dari Hendrik Lewerissa, ketua DPD Partai Gerindra Maluku hanya mendapat 1387 suara. 

Di Kecamatan Nusaniwe ini, suara Partai Gerindra sebanyak 263 suara. Selain di Nusaniwe, pada perhitungan sebelumnya, Robby Gasperz juga mengungguli Lewerissa di Kecamatan Leitisel juga di Kecamatan Baguala. 

Di Leitisel  Robby mendulang 351 suara, dan Lewerissa 148 suara, sementara di Baguala, Robby mendulang 1185 suara dan Lewerisa mendapatkan 890 suara.

Catatan RakyatMaluku.com, Johan Johanis Lewerissa hanya unggul di Kecamatan Teluk Ambon dengan suara yang diraih sebesar 1.158 dan Robby mendulang 450 suara.

Khusus untuk empat kecamatan ini total suara dari Robby Gaspersz adalah 4.452 sementara Lewerissa 3.581.

Dipastikan Robby akan tetap unggul karena untuk Kecamatan Sirimau, di semua desa yang sudah dihitung, kecuali Desa Batumerah, suara Robby tidak terpaut jauh dengan Lewerissa. Diprediksi Robby tetap unggul di atas Lewerissa.

Dengan demikian, dipastikan hanya ada empat wajah baru dari dapil Ambon di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon, masing-masing Rovik Akbar Afifudin dari PPP, Rostina dari PKS, Jantje Wenno dari Perindo, dan antara Hamdani Laturua dari Nasdem atau Basri Damis PKB. (NAM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top