Berita Utama

Firdayanti Hatala, Yatim Piatu Yang Alami Kebocoran Jantung Sejak Lahir

Firdayanti Hatala

FIRDAYANTI Hatala (16), siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 11 Ambon ini menjalani hari-harinya dalam suasana murung. 

Anak yatim piatu ini mengalami kebocoran jantung sejak lahir. Dan baru ia rasakan setelah menginjak bangku Sekolah Menegah Pertama (SMP).Untuk makanan-pun  harus steril dan dijaga. Minum susu juga hanya susu merek tertentu.

“Dia ini-kan sebenarnya jantung pembawaan sejak lahir. Nanti setelah SMP kelas II baru kambuh.  Ini setelah dia pulang olahraga. Awalnya kedua kakinya bengkak seperti kaki gajah dan setelah diperiksa ke dokter tulang, kata dokter, tulangnya baik, tak ada gangguan. Tapi dokter tulang arahkan ke dokter jantung karena biasanya seperti ini ada pengaruhnya dengan  jantung juga,” kata Eca Hatala, kakak Firdayanti kepada RakyatMaluku.com di kediaman mereka di RT 002/RW 02, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Jumat, 28 Juni 2019.

Menurutnya, ketika diperiksa ke dokter jantung dr. Iman,  pada Januari 2016.  dr. Iman kemudian mengatakan ada kebocoran pada jantungnya.  Sehingga dibuat surat rujukan ke Rumah Sakit Harapan Kita di Jakarta. 

“Ketika diperiksa oleh dr. Imam, Selasa, 26 Januari 2016, kemudian pada Sabtu, 30 Januari 2016 kami berangkat ke Jakarta untuk diperiksa di Harapan Kita.  Dokter jantung Harapan Kita katakan kebocorannya mencapai 0.03 persen. Dan dokter sampaikan setiap 6 bulan harus diperiksa. Dan tahun 2017-2018 itu merupakan jadwal operasi,” terangnya.

Semasa, ayah mereka, Usman Hatala masih hidup, lanjutnya,  ayahnya manyampaikan bahwa Desember 2018 baru operasi. Sayang, Tuhan, berkata lain. November 2018, sang ayah wafat. Kondisi ini membuat mereka gagal membawa adiknya ke Jakarta. Kemudian pafa Februari 2019, giliran  ibunya, Rahya Lisaholet, meninggal dunia.

Sejak itu, Firdayanti tak merasa sakit. Namun, di saat Ramadhan 2019 lalu, Firdayanti mulai mengeluh sakit hingga saat ini. Dan, untuk meringankan beban keluarga,  sejumlah donatur telah  menyampaikan akan memberi bantuan. 

“Hari Minggu, 30 Juni 2019 ini kami akan membawanya ke RS Harapan Kita. Ada bantuan dari Pemerintah Desa Batumerah dan Sister Villa, dan nanti sebelum berangkat mereka akan berikan. Hari ini pemuda juga akan meminta sumbangan ke Ruko-Ruko. Kemarin, pumuda sudah ambil dari warga Batumerah,mereka berjalan ke setiap rumah,” tandasnya. (AAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top