Ambonesia

Halal Bi Halal Alumni 87 Eratkan Kembali Perpisahan 32 Tahun

SETIAP usai Hari Raya Idul Fitri, warga Indonesia selalu melaksanakan halal bi halal. Halal bi halal dalam rangka mempersatukan semua perbedaan. Tidak saja dihadiri yang beragama muslim, tapi juga oleh  beragama lain-pun diikutkan dalam halal bi halal.

Seperti dibuat Alumni 87 se Kota Ambon. Halal bi halal ini untuk merekatkan hubungan antar sesama yang sudah lama terpisah.

“Halal bi halal-kan muncul dari presiden kita, Sukarno paada saat itu. Jadi memaknai halal bihalal ini untuk mengikat kembali teman- teman yang sudah 32 tahun kita terpisah,” kata Wakadensus 88 Brigjen Pol Marthinus Hukom kepada wartawan di Swissbel Hotel, Sabtu, 6 Juli 2019.

Menurutnya, halal bi halal berakar dari budaya bangsa Indonesia. Karena dari referensi-referensi yang dibaca, itu tidak ada dalam bahasa arab. Halal bi halal justeru tumbuh dari budaya toleransi kemudian dibakukan ketika pimpinan nasional saat itu Presiden Sukarno membuat suatu kosa kata baru yang dunia arab tidak kenal.

“Tapi justeru timbul di negara kita. Sehingga menurut saya ini hal yang sangat luar biasa sekali. Datang dari kesadaran teman-teman kawan-kawan alumni 87 se-Kota Ambon. Sangat penting dilaksanakan,” jelasnya.

Dikatakan jenderal 1 bintang ini, hal yang luar biasa dari halal bi halal adalah mengumpulkan semua alumni baik SMP, SMA maupun SMK se-Kota Ambon.

“Artinya kita perlu ada satu ikatan besar yang mempersatukan kita. Dengan halal bi halal ini kita satukan perbedaan itu. Mau Kristen, Hindu, Budha, itu dilepaskan. Kita berkumpul, dan satukan persepsi dalam membangun Maluku ke depan,” ujar Brigjen Pol Marthinus Hukom.

Sementara Ketua Panitia Halal Bi Halal Kompol Bachri Hehanussa menjelaskan bahwa tujuan halal bi halal untuk membentuk wadah perkumpulan seluruh alumni 87.

“Ada kita punya beberapa SDM yang baik bisa menjadi kontribusi positif untuk kemajuan maluku kedepan di bawah kepemimpinan Irjen Purn Murad Ismail. Kita tidak punya hubungan dengan politik. Ini hanya kepentingan wadah berkumpul . Kedepan kita buat alumni 87 untuk menghimpun semua aspirasi alumni untuk kemudian memberikan kontribusi bagi Maluku kedepan,” tandas  Wakapolres Buru itu. (AAN)

------ ======================

Berita Populer

To Top