Ambonesia

Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-73, Digelar Jalan Santai

Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs Royke Lumowa MM, Memberikan bingkisan hadiah kepada anggota TNI Kodam XVI/Pattimura

RIBUAN  warga Kota Ambon tumpah ruah di jalanan. Mereka berbaur bersama TNI-Polri, untuk mengikuti jalan santai menyambut HUT Bhayangkara ke-73 tahun, Sabtu, 6 Juli 2019.

Jalan santai yang digelar Polda Maluku ini melintasi sejumlah kawasan di Kota Ambon. Jarak yang ditempuh sekitar 2 kilometer. Star depan Tribun Lapangan Merdeka, finish juga di lapangan kebanggaan warga kota Ambon itu.

“Ada sekitar 3.000 peserta baik dari masyarakat maupun TNI-Polri, yang terlibat dalam kegiatan jalan santai, tadi pagi. Jalan santai untuk memperingati Hari Bhayangkara ini, juga sebagai bentuk sinergitas, soliditas TNI-Polri dan masyarakat,” kata Kabidhumas Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Rum Ohoirat kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, jalan santai ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari  Bhayangkara ke 73. Jalan santai juga sebagai sarana meningkatkan sinergitas, soliditas dan kekompakan TNI-Polri dan masyarakat di Maluku.

Juru bicara Polda Maluku ini menjelaskan, kegiatan jalan santai ini melintasi sejumlah ruas jalan di kota Ambon. Star dari kawasan Gong Perdamaian Dunia, melewati jalan Slamet Riyadi, Pattimura, Ahmad Yani, jalan Sultan Hairun dan finis didalam lapangan merdeka.

“Jalan yang ditempuh sekitar dua kilometer. Kegiatan jalan santai ini diikuti langsung oleh  Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs Royke Lumowa MM, Pangdam XVI Patimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Kabinda Maluku Brigjen TNI Rony, Danlanud Patimura Kolonel Pnb Antariksa Andono, perwakilan pemerintah provinsi, dan pejabat utama TNI-Polri dan anggota serta masyarakat umum” jelas dia.

Mantan Kapolres Maluku Tenggara itu menambahkan, jalan santai ini juga turut dimeriahkan oleh sejumlah artis lokal.

“Kemudian setelah jalan, dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan dalam rangka membangun dan meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri. Mulai dari tarik tambang, bakiak, gendong anggota secara stafet dimana setiap tim yang ikut lomba terdiri dari unsur TNI dari matra darat, laut dan udara serta dari personil Polri.  Selain itu juga dilakukan pembagian doorprice. Doorprice yang paling besar itu ada sepeda motor, kulkas dan sejumlah hadiah lainnya yang jumlah sekitar 200,”urainya.

Ohoirat berharap, melalui kegiatan-kegiatan tersebut personil TNI-Polri dapat meningkatkan sinergitas dan soliditas, dalam rangka menjalankan tugas kedepan, sebagai aparat pelindung dan pengayom masyarakat.

“Harapannya bukan hanya sebatas kegiatan-kegiatan saja yang menunjukan sinergitas dan soliditas. Tetapi dalam cakupan yang lebih luas baik itu saat tugas maupun tidak, TNI-Polri tetapi bersinergi dan solid,”tandasnya. (AAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top