Daerah

Pemuda Banda Bersihkan Sampah Di Pesisir Pantai Neira

Sejumlah pemuda di Kota Neira, Pulau Banda, melakukan pembersihan dengan mengangkat sampah di pesisir pantai

BANYAKNYA sampah khususnya sampah plastik yang berada di sekitar pesisir pantai Kota Neira Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), membuat sejumlah pemuda turun tangan untuk melakukan pembersihan, Minggu  7 Juli 2019.

Sampah yang menumpuk  di pesisir pantai sepanjang 100 meter itu, telah berbulan-bulan menumpuk terutama di sekitar pesisir kawasan Pantai Sero, Desa Kampung Baru, Kecamatan Banda.

Salah seorang pemuda Pulau Banda, Sarifudin Wala, kepada RakyatMaluku.com menuturkan tumpukan sampah yang dibersihkan tersebut didominasi sampah plastik buangan masyarakat ke laut dan juga sampah yang hanyut terbawa air laut.

“Sesuai keterangan dari Ketua RT setempat,  sampah ini adalah sampah dari laut  ketika musim timur,” ujat Memet panggilan akrab Sarifudin Wala.

Karenanya insiatif sejumlah pemuda kemudian mengangkut sampah-sampah tersebut dimasukkan ke dalam karung kemudian dibuang ke TPA (tempat pembuangan akhir) sampah.

“Karena karung terbatas sementara sampahnya banyak, jadi kita harus bolak balik angkut untuk dibuang ke TPA,” tuturnya.

Menurutnya diisamping melakukan aksi bersih-bersih, dirinya bersama sejumlah rekan – rekan sesama pemuda pemudi Banda juga memberikan sosialisasi dan ajakan kepada masyarakat sekitar pesisir pantai itu untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke laut. 

“Karena laut juga rumah kami, makanya kami juga coba berikan edukasi lewat aksi di lapangan serta lewat omongan singkat kepada warga agar lebih peduli lingkungan dan tidak buang sampah ke laut,” sambungnya.

Ditambahkannya, sebelumnya juga, dirinya bersama pemuda pemudi Banda lainnya melakukan aksi serupa di sejumlah lokasi pesisir pantai di Pulau Banda. Tidak hanya di daratan, tetapi aksi bersih-bersih sampah itu juga menyasar area dasar laut. 

“Saya berharap lewat aksi turun langsung membersihkan sampah ini, bisa memberikan edukasi bagi masyarakat untuk lebih peduli dengan kebersihan lingkungan,” tandas Memet. (RM)

------ ======================

Berita Populer

To Top