Edukasi

33 Peserta KSM Asal Kota Ambon Resmi Dilepas

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Drs.Zain Firdaus Kaisupy menyerahkan bendera kotingen KSM asal Kota Ambon dan diterima Ketua Kontingen, Abdul Karim Kelrey, Selasa, 13 Agustus, 2019.

KEPALA Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon, Drs. Zain Firdaus Kaisupy secara resmi melepaskan kontingen Kompetisi Sains Madrasah (KSM) asal Kota Ambon untuk bertanding pada KSM Tingkat Provinsi Maluku, 15 Agustus, 2019. Acara pelepasan yang berlangsung di lantai 3 Kantor Kemenag Kota Ambon, ditandai dengan penyerahan bendera kontingen, Selasa, 13 Agustus.

Dalam arahannya Kaisupy meminta, ke-33 wakil Kota Ambon ini untuk dapat berlomba-lomba mengeluarkan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki. Sebaliknya menghilangkan anggapan untuk meraih juara.”Kita harus berprinsip memberikan yang terbaik. Berikan yang terbaik yang bisa diberikan,”Ujar Kaisupy.

Mantan Kabag TU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku ini, menyebutkan para wakil Kota Ambon ini adalah siswa yang terbaik dan terpilih diantara ribuan siswa madrasah se-Kota Ambon.

Menurut Kaisupy, soal-soal yang dihadapi nanti dalam KSM adalah soal yang terintegrasi antara pendidikan umum dan KeIslaman.Sebab itu, peserta harus bersiap diri menghadapinya.”Mengapa saat ini pada lomba KSM mata pelajaran umum ditegrasikan dengan Islam. Sebab, selama ini ada dikotomi dimana Sains dipisahkan dengan pendidikan agama.Padahal kita tahu bahwa temuan-temuan Sains membuktikan bahwa kebenaran-kebenaran yang terkandung dalam Al-Qur”an.Untuk itu, antara pendidikan Sains dan agama harus dipadukan.”Tutur Kaisupy.

Kaisupy lantas beharap, dari 33 utusan ini ada yang berhasil lolos dan menjadi wakil Maluku di ajang KSM Tingkat Nasional di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, pada Bulan Oktober tahun ini.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan madrasah dan guru pembina yang telah bekerja keras mempersiapkan siswa untuk meraih prestasi dibidang Sains,”kata Kaisupy.

Abdul Karim Kelrey, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Ambon yang juga ketua Kontingen mengatakan, 33 peserta utusan Kota Ambon ini merupkan peserta yang terpilih atau lolos dengan mengantongi gelar juara 1, 2 dan 3 pada seleksi KSM ditingkat Kota Ambon, beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan, 33 peserta tersebut terdiri dari tingkat MI, MTs dan MA.”Untuk tingkat MI 3 siswa mewakili bidang Matematika Terintegrasi, 3 lagi untuk IPA Terintegrasi. MTs, sebanyak 9 peserta yang dibagi tiga untuk tiga bidang lomba yaitu, Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi dan IPS Terintegrasi. Sementara tingkat MA melibatkan 18 peserta untuk 6 bidang lomba, Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi. Masing-masing bidang lomba diwakili tiga orang peserta.

Kelrey juga berharap, dengan kesiapan fisik dan mental, para utusan Kota Ambon ini mampu membuktikan yang terbaik hingga mendapatkan mandat mewakili Maluku ke KSM Tingkat Nasional di Kota Manado, Oktober mendatang.”Semoga anak-anak kami ini bisa memboyong juara sekaligus, menjadi duta Maluku ke KS Tingkat Nasional.”harap Abdul Karim Kelrey.(CIK)

------ ======================

Berita Populer

To Top