Ambonesia

Kapolres : Patuhi Aturan Merupakan Kesadaran Memaknai Kemerdekaan

POLRES Pulau Ambon dan Pp Lease melaksanakan upacara perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74. Upacara penaikan bendera Merah Putih digelar di halaman Mapolres Ambon, Jalan Dr. Latumeten, Prigilima, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Sabtu, 17 Agustus.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Pulau Ambon AKBP Sutrisno Hady Santoso, sementara Komandan Upacara Ipda Soleiman Toatubun.

Usai upacara, Kapolres Sutrisno Hady Santoso mengatakan bahwa kemerdekaan itu jangan dimaknai dengan bebas sebebas bebasnya. 

Disampaikna Kapolres, negara Indonesia merupakan negara hukum. Karena itu, kebebasan seseorang dibatasi hak-hak orang.

“Kita harus memaknai kemerdekaan itu dalam hal apa?.  Kalau kemerdekaan secara tak terbatas itu kita negara hukum, tentunya tidak ada kemerdekaan yang tak terbatas.  Tentunya kita semua dibatasi hak-hak orang lain aturan-aturan yang ada,” tutur Kapolres kepada wartawan.

Perwira menengah Polri ini menjelaskan, kebebasan itu jangan dimaknai bebas sebebas bebasnya. Seperti mengendarai sepeda motor tanpa memakai helm. Tapi masyarakat mematuhi aturan lalu lintas pun itu bagian dari merdeka.

“Maunya masyarakat itu mungkin  berkendara tanpa memakai helm. Wah  merdeka, ngapain pakai helm. Tidak seperti itu. Tetapi secara umum dari sisi ketertiban berlalu lintas cukup tertib. Banyak masyarakat sudah tertib.  Saat lampu merah mereka berhenti.  Itu juga bagian dari kesadaran masyarakat memaknai kemerdekaan,” tandas Kapolres. (AAN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top