Ambonesia

Murad : Tempat Tinggal Saya Di Waihaong, Tempat Bermain Saya Di Jalan Baru

GUBERNUR Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail, mendukung penuh kreativitas pemuda dan masyarakat jalan baru, dalam upaya menjadikan jalan baru sebagai tolak ukur model pemukiman, yang baik, bersih dan ramah. 

“Sebagai Pembina saya mendukung penuh kreativitas pemuda dan masyarakat jalan baru,” ungkap Gubernur dalam sambutannya saat mengunjungi dan melihat langsung Creative Festifal yang diselenggarakan para pemuda, Senin malam (12/8) di Jalan Baru, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. 

Sebagaimana diketahui, sebelumnya jalan baru merupakan sebuah Kawasan kumuh di tengah Kota Ambon, yang kini oleh para pemuda disulap menjadi sebuah kawasan yang indah dan menarik untuk dikunjungi. 

Melalui, Djalan Baroe Creative Festival 2.0 yang telah diselenggaralan selama dua tahun terakhir menyongsong 17 Agustus, kawasan tersebut telah menjadi kawasan yang indah dan dipenuhi berbagai jajanan makanan yang dijual warga.   

Gubernur di dampingi istri, Ny. Widya Murad Ismail, tiba sekitar pukul 21.00 wit dan disambut meriah warga dengan tarian hadrat.  

Gubernur dan istri menyempatkan diri  menikmati jajanan berupa  iga bakar yang dijual warga.  Tampak pula warga asing (bule) yang turut menikmati  jajanan dan keindahan setiap Lorong kawasan tersebut. 

Gubernur menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan creative festival yang diselenggarakan. 

“Saya menyambut baik penyelenggaraan Creative Festival ini, karena meskipun saya tinggal di Waihaong, tetapi tempat bermain saya di Jalan Baru ini,” kata gubernur. 

Dikatakan, jalan baru yang dulunya perkampungan kumuh kini bisa berubah menjadi perkampungan modern. 

Untuk itu, sebagai Pembina dirinya mendukung penuh kreativitas pemuda dan masyarakat jalan baru, dalam upaya menjadikan jalan baru sebagai tolak ukur model pemukiman, yang awalnya kumuh di tengah Kota Ambon menjadi baik, bersih dan ramah.

“Atas inisiatif pemuda dan warga jalan baru, sehingga jalan baru terus berbenah,” ungkapnya.

Olehnya itu, gubernur berharap adanya dukungan dari seluruh pihak, khususnya Pemerintah Provinsi dan Kota Ambon untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung keberlanjutan dan kesinambungan program yang telah dilakukan selama ini.

Di lain sisi, gubernur juga mengingatkan, upaya lain yang mesti diperhatikan oleh para pemuda dan masyarakat jalan baru adalah soal sampah di sungai yang berbatasan langsung dengan pemukiman warga. 

“Harus ada solusi dan komitmen bersama antara masyarakat, Pemerintah Kota Ambon dan Pemerintah Provinsi Maluku untuk kepentingan lingkungan dan zonasi Jalan Baru sebagai wilayah bebas sampah,” ucapnya.

Dirinya juga sangat mengharpkan agar pemuda jalan baru  untuk terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena ini penting dalam rangka untuk mendukung visi Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon, sehingga kedepan Provinsi Maluku dan Kota Ambon dapat sejajar dengan daerah lain di Indonesia.

Mengakhiri sambutannya, gubernur juga berharap, agar kegiatan seperti Jalan Baru Creative Festival ini,  bukan saja dilaksanakan di jalan baru tetapi juga dapat dilaksanakan di tempat lain, bahkan bila perlu menjadi agenda Pemerintah daerah.  (RM)

------ ======================

Berita Populer

To Top