AMBONESIA

Perkumpulan Masyarakat Geser Kota Ambon Kurban 2 Sapi

Perkumpulan Masyarakat Geser Kota mengarak sapi yang akan dikurbankan seperti terlihat melintas di Jalan Diponegoro, Minggu 11 Agustus 2019.

PERKUMPULAN Masyarakat Geser Kota (PMGK) Ambon, Kecamatan Seram Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur di Ambon menyembelih 2 ekor sapi kurban dalam momentum Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriyah. 

Penyembelihan dilakukan di Kompleks Ponegoro, RT/003 – RW/05 Minggu 11 Agustus 2019. Seperti tahun kemarin, Komunitas PMGK juga menyembelih 2 ekor sapi yang digelar di kompleks tersebut.

“Alhamdulillah, pada momentum Idul Adha tahun ini, PMGK kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Ini kali kedua yang terlaksana setelah tahun kemarin. Kami sebagai Tim pelaksana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan acara kurban tahun ini. Mudah-mudahan ibadah kurban kita semua diterima Allah SWT, ujar Ketua PMGK, Hamid Abubakar, saat diwawancarai RakyatMaluku.com, Minggu 11 Agustus 2019.

Sebelum prosesi penyembelihan, sapi yang akan disembelih itu diarak terlebih dahulu melintasi sepanjang Jalan Diponegoro menuju Tugu Trikora dan kembali lagi ke tempat penyembelihan. Arak-arakan dimeriahkan oleh atraksi adat Tikam Dabus dan diiringi lantunan dzikir.

Untuk jumlah peserta yang hadir dalam acara itu sendiri, Hamid tak menampik adanya penurunan jumlah tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

“Peserta kurban yang hadir tahun ini sekitar ratusan orang. Selain PMGK sendiri, ada juga warga dari luar yang antusias datang untuk meramaikan acara ini sekaligus ingin menyaksikan langsung Tikam Dabus” ungkap Hamid.

Kegiatan berkurban ini, lanjut Hamid, Insya Allah akan dijadikan agenda rutin Komunitas PMGK setiap Hari Raya Idul Adha.

“Ini juga sebagai ajang silaturrahmi antar PMGK  sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial kami terhadap warga yang membutuhkan,” tutur Hamid.

Sementara itu untuk daging sapi yang telah dikurbankan tersebut langsung dibagi-bagikan kepada Fakir Miskin dan Anak Yatim Piatu maupun PMGK yang hadir pada acara itu. (MHS)

------ ======================

Berita Populer

To Top