AMBONESIA

PT Pegadaian Berangkatkan 23 SMN Asal Maluku Ke DKI Jakarta

Pose bersama usai acara pelepasan Siswa Mengenal Nusantara 2019 di Kantor Gubernur Maluku, Rabu 14 Agustus 2019.

DALAM rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Program BUMN Hadir Untuk Negeri 2019, Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero) beserta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melepas siswa Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 menuju Provinsi DKI Jakarta. Acara pelepasan tersebut berlangsung di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Rabu 14 Agustus 2019.

Dalam sambutan singkat Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Asisten Kesejahteraan Sosial dan Administrasi Umum Setda Maluku Halima Soamole, Pemprov Maluku mengapresiasi Kementerian BUMN yang telah menggagas dan menyelenggarakan Program BUMN Hadir Untuk Negeri lewat pertukaran siswa di seluruh Nusantara Tahun 2019.

PT Pegadaian yang ditunjuk Kementerian BUMN sebagai PIC Program BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Maluku, melalui Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono menyampaikan tujuan Program SMN 2019 adalah agar bisa meningkatkan wawasan pelajar mengenai keragaman kebudayaan yang ada.

“Harapannya dengan program ini bisa meningkatkan wawasan pelajar mengenai keragaman kebudayaan serta juga menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan dalam turut serta Membangun kapasitas nasional (national capacity building) melalui generasi muda penerus bangsa,” ungkap Teguh kepada Wartawan usai pelaksanaan acara.

Pelaksanaan Program ini, lanjut Teguh, diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dengan pertukaran pelajar SMA seluruh Nusantara dengan metode pemberian kesempatan kepada pelajar SMA pada setiap Provinsi yang secara proporsional mewakili Kota/Kabupaten pada Provinsi tersebut.

SMN 2019 dari Provinsi Maluku sebanyak 23 pelajar yang terdiri dari 20 siswa pelajar dan 3 siswa disabilitas yang mewakili 11 Kota/Kabupaten di Maluku bersama 3 pendamping (guru) akan dikirim ke Jakarta. Program SMN dari Provinsi Maluku menuju Provinsi DKI Jakarta ini berlangsung selama dua minggu kedepan.

“Di Provinsi Maluku ada 23 pelajar terdiri dari 20 siswa pelajar dan 3 siswa disabilitas yang mewakili 11 kota/kabupaten di Maluku bersama tiga pendamping (guru), akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti serangkaian kegiatan dalam program mengenal nusantara tahun 2019 ini. Peserta dikirimkan ke daerah lain selama dua minggu agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi lain serta peran dan fungsi dari BUMN itu seperti apa,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, disatu sisi ada serangkaian inovasi yang dilakukan untuk bisa memberikan literasi mengenai inklusi keuangan kepada para pelajar tersebut.

Acara tersebut ditutup dengan rangkaian pertukaran cindera mata yang dilakukan oleh Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono dan Asisten Kesejahteraan Sosial dan Administrasi Umum Setda Maluku Halima Soamole serta berfoto bersama. (MHS)

------ ======================

Berita Populer

To Top