Ambonesia

Rayakan HUT RI Ke 74, Warga Bersihkan Sungai Wai Batumerah

DALAM rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke- 74, seluruh warga Desa Batumerah, Kelurahan Amantelu, dan Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, melakukan gerakan bersama membersihkan Sungai Wai dari sampah, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Menurut Penjabat Kepala Pemerintah Negeri Batumerah Fenly Masawoy, kegiatan bersih sungai bertepatan HUT RI ini merupakan momentum yang tepat untuk menggerakan partisipasi masyarakat, khususnya sepanjang bantaran sungai untuk Merdeka dari sampah-sampah.

“Percuma kalau setiap perayaan 17 Agustus kita memperindah lingkungan tempat tinggal tapi sungai masih tetap penuh dengan tumpukan sampah. Sudah waktunya kita menjadikan sungai sebagai teras rumah kita, bukan lagi sebagai dapur rumah. Untuk itu, HUT RI ini menjadi moment yang tepat untuk kembali menghimbau warga akan pentingnya kebersihan sungai.” himbaunya.

Dikesempatan yang sama, Lurah Amantelu Yuyun Octavia, yang turut langsung bersama warganya di sungai mengatakan, kerja sama antar kelurahan/desa dalam membersihkan sungai dari sampah merupakan langkah positif dan harus didukung semua komponen masyarakat. Sebab, selain mengganggu kesehatan, tumpukan sampah pada sungai juga dapat berakibat banjir di musim hujan.

“Apabila ada bencana banjir dari sungaipun kita semua yang kena dampak, sehingga kebersihan sungai dari tumpukan sampah sebagai salah satu penyebab banjir juga merupakan tanggung jawab yang harus ditanggung bersama, karena dengan kerja sama maka berbagai persoalan akan mudah dapat ditanggulangi,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Lurah Rijali Dewi Sunarsih, mengapresiasi langkah kerjasama tiga kelurahan/desa di sepanjang bantaran Sungai Wai Batumerah dalam membersihkan sampah dengan memberdayakan peran Komunitas Peduli Sungai (KPS) yang telah terbentuk.

“Kami berharap kegiatan kerjasama ini perlu terus diadakan guna menyatukan dan menciptakan kebersamaan antar warga yang berbatasan, bahwa kebersihan sungai bukan saja tanggungjawab sepihak, tapi menjadi tanggung jawab kita semua. Sehingga semakin hari kepedulian masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama sungai menjadi meningkat,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, Komunitas Peduli Sungai (KPS) bersama warga setempat mulai melakukan aktivitas pembersihan sesuai wilayah kerja masing-masing dari hulu hingga hilir Sungai Wai Batumerah sejak pukul 07.00 Wit.

Kegiatan yang diprakarsai Kelurahan Amantelu, Kelurahan Rijali bersama Pemerintah Negeri Batumerah itu dibawah komando Kecamatan Sirimau melalui dukungan seluruh Komunitas Peduli Sungai (KPS) yang ada di tiga kelurahan/desa tersebut yang dialiri Sungai Wai Batumerah.

Kegiatan tersebut juga didukung penuh para Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, serta sebagian besar warga sepanjang bantaran sungai yang turut berpartisipasi langsung terjun ke sungai untuk melakukan pembersihan bersama. (RIO)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top