NEWS UPDATE

Siahay ‘Kuda Hitam’ Singkirkan Pormes – Toisuta

OKK Golkar Kota Ambon  Minta DPP Golkar Profesional 

EMPAT nama yang dikirim  DPD Golkar Kota Ambon ke DPP Partai Golkar untuk diputuskan sebagai Ketua DPRD Kota Ambon yakni Ely Toisuta, Zeth Pormes, Frederika Latupapua/Noya dan Margaretha Siahay hingga berita ini tayangbelum ada keputusan resmi. 

Kendati demikian dari informasi yang diperoleh RakyatMaluku.com menyebutkan, setelah sebelumnya nama Ely Toisuta dan Zeth Pormes, salah satunya akan dipilih sebagai Ketua DPRD Kota Ambon belakangan muncul nama  Margaretha Siahay yang saat ini menjabat anggota DPRD Kota Ambon  sebagai ‘kuda hitam’ . 

Ketua DPD II Golkar Kota Ambon Richard Louhenapessy bahkan kabarnya telah memberikan ‘restu’ kepada Siahay jika Ely Toisuta terganjal  untuk memimpin DPRD Kota Ambon.

“Iyah benar kakau ibu Ely terganjal maka hampir pasti kursi pimpinan dewan akan di duduki Ibu Margaretha Siahay,” ujar salah sumber koran ini yang tidak bersedia namanya dikorankan, kemarin.

Soal posisi Zeth Pormes yang sebelumnya dikabarkan juga menguat, menurut sumber itu Pormes sudah hampir terdepak, karena tidak mendapat ‘restu’  Richard Louhenpessy. Hal ini dikarenakan Zeth Pormes dikenal dekat dengan Freddy Latumahina, kader DPP Partai Golkar yang selama ini diketahui tidak pernah ‘sejalan’ dengan Richard Louhenapessy. 

“Jadi Ibu Margaretha Siahay boleh dikatakan ‘kuda hitam’,” tandasnya.

Sementara itu menanggapi dinamika dalam tubuh Partai  Golkar dalam memutuskan siapa Pimpinan DPRD Kota Ambon, Wakil Ketua OKK Golkar Kota Ambon, Yani Tuhumury, mengatakan, saling klaim di Partai Golkar itu sudah biasa. Dan bagi mereka atau kelompoknya yang klaim  akan menduduki kurai ketua DPRD Kota Ambon, jangan terlalu percaya diri.

“Jangan-jangan  keputusan DPP nanti lain. Di Golkar ini biasa ada  kejutan-kejutan. Karena itu DPP Golkar harus profesional menetapkan siapa yang bakal jadi ketua nanti,” kata Yani Tuhumury kepada pers, Sabtu, 10 Agustus 2019. 

Menurutnya  lada   Sabtu 3 Agustus 2019 di Hotel Marina,  DPD II Golkar Kota Ambon telah melakukan rapat pleno dengan agenda khusus  menetapkan Calon Pimpinan DPRD  periode 2019 -2024. 

Rapat itu   memutuskan 4 nama untuk diusulkan ke DPP Golkar, selanjutnya akan ditetapkan salah 1 dari 4 nama ini.  Hal ini berpedoman pada hasil keputusan Papimnas soal pedoman Pemilihan dan penetapan Pimpinan MPR RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kab /kota Bab III pasal 2 tntang kriteria dan Bab III pasal 6 tentang Tatacara Pemilihan dan Penetapan.

Dalam  rapat pleno tersebut, kata Tuhumury, dihadiri oleh lebih dari stengah jumlah pengurus pleno, dan juga dihadiri oleh pengurus DPD I Provinsi Maluku Ridwan Marasabessy dan Onggo Ayal.   Rapat dipimpin langsung  Ketua DPD II Golkar Kota Ambon  Richard Louhenapessy.

Namun siapa yang akan dipilih sebagai Ketua DPRD Kota Ambon semua tergantung DPP karena mekanisme partai ini kewenangan penetapannya ada di DPP.  

“Tapi saya yakin bahwa DPP pasti akan mempertimbangkan berbagai aspek termasuk keinginan dan harapan kader dan simpatisan di bawah. Tapi siapapun yang terpilih harus mampu menjaga keseimbangan di parlemen, menjaga sinergisitas hubungan legislatif dan eksekutif demi kelancaran proses-proses pembangunan di daerah ini, dan yang paling utama bukan pikir diri sendiri dan kelompok,” tegasnya. (RM/AAN)

------ ======================

Berita Populer

To Top