NEWS UPDATE

Balon Rektor Perempuan ‘Getarkan’ Unpatti

SUKSESI rektor Universitas Pattimura sudah memasuki babak pendaftaran bakal calon. Sedikitya, ada 5 calon yang akan ikut berkompetisi. Tiga hari sebelum penutupan, sedikitnya ada empat calon yang sudah mendaftar dan meminta dukungan dari 8 fakultas yang ada di universitas terkemuka di Maluku itu. 

Mereka masing-masing adalah, incumben, Prof. Nus Sapteno SH, MHum, Dekan Fakultas Hukum, DR Rory Jeff Akyuwen, S.H.,M.H, Dekan MIPA, Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd., M.Si,  DR Samuel Leunufna yang adalah salah satu senior di Fakultas Pertanian Unpatti  dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) Prof. DR. Theresia Laurens, MPd. 

Selain lima figur ini, diinformasikan juga Direktur Pasca Sarjana Unpatti, Prof Alex Retraubun bakal ikut berkompeisi. Hanya saja sampai kemarin, Retraubun belum juga mendaftar. Pendaftaran bakal calon rektor Unpatti akan berakhir, Senin 16 September 2019.

Dari nama-nama bakal calon rektor di atas, yang paling meghebohkan adalah sosok Prof. DR Theresisa Laurens, MPd yang adalah Dekan FKIP Unpatti.

Pasalnya selain dinilai memilki dukungan yang real, Prof. DR Theresisa Laurens, MPd adalah satu-satunya sosok perempuan yang kali ini ikut mendaftar untuk berkompetisi.

Kamis, 12 September kemarin, Theresia Laurens bersama para pendukungnya yang mayoritas adalah dosesn di FKIP Unpatti berekesempatan menggemparkan, bahkan ‘menyerang ‘ lima fakultas di perguruan tinggi itu untuk memasukan berkas-berkas pendaftarannya agar bisa diusulkan dalam pencalonan.

Diiringi konvoi mobil dan motor yang sempat menggetarkan lingkungan kampus Unpatti karena berkeliling diiringi bunyi klakson, Theresia Laurens diantar ke lima fakultas itu, masing-masing, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Fakulats Ekonimi.

Usai mendatangi liima dari delapan fakultas yang ada di lingkup Unpatti, Theresia Laurens kepada Rakyat Maluku mengungkapkan, keikutsertaan dirinya dalam suksesi rektor Unpatti kali ini bertujuan agar memperlihatkan bahwa Unpatti meliki potensi-potensi mumpuni yang bisa hadir membawa universitas negeri ini ke arah yang lebih maju.

Menyoal terkait isu gender dimana sejauh ini belum ada Rektor Unpatti perempuan, Theresia Laurens mengatakan, sebenarnya, peremupan justeru memiliki kelebihan-kelebihan jika dipercayakan menjadi pemimpin, apa lagi pemimpin di lembaga pendidikan tinggi.

”Oh, jangan salah, Perempuan justeru memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan pria dalam persoalan mempimpin, apa lagi memimpin sebuah perguruan tinggi,” timpalnya.

Dekan FKIP ini yakin dirinya akan mendapat dukungan yang luar biasa dalam pencalonan rektor kali ini.

”Kita lihat saja. Yang pasti jumlah anggota senat yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan lebih  banyak dibandingkan fakiltas lain. Lagi pula, sudah saatnya Unpatti ini dinahkodai oleh sosok perempuan yang bisa mengakomodir semua kepentingan, baik kepentingan internal maupun eksternal. Makanya saya sangat yakin langkah ini diridohi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa demi kemajuan Unpatti kedepan,” pungkasnya. (NAM)

------ ======================

Berita Populer

To Top