NEWS UPDATE

Polda Maluku Distribusi Bantuan Dan Tenaga Medis Untuk Korban Gempa

PASCA gempa bumi melanda Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat serta sebagian Kabupaten Maluku Tengah, pada Kamis 26 September 2019 dengan kekuatan 6.8 SR, Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa, langsung turun melihat warga yang terkena dampak bencana baik di Kota Ambon maupun di sebagian Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

Setetelah mengetahui apa yang paling dibutuhkan pasca bencana gempa, Sabtu  28 September 2019, Polda Maluku menyalurkan bantuan terdampak gempa. Bantuan yang distribusikan kepada warga diantaranya sejumlah bahan makanan siap saji dan air mineral.

Polda juga menurunkan tenaga medis untuk memeriksa kesehatan warga di sejumlah lokasi  pengungsian.

Ada empat titik menjadi sasaran penyaluran bantuan, yaitu RT 007/RW 002, Desa Urimesing Kecamatan Nusanuwe, kawasan Transit Passo Kecamatan Baguala, sejumlah titik lokasi di Kota Ambon dan Tulehu, Waai, serta Liang di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

“Bantuan yang di distribusikan itu berupa makanan, minuman baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, selain itu juga bantuan berupa tenaga medis untuk melaksanakan pengobatan dan pengecekan kesehatan secara gratis. Selain itu Polda Maluku juga menerjunkan tim Psikologi untuk pendanpingan para pengungsi di Masjid Kapaha dan lapangan Galunggung,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. Muhammad Roem Ohoirat, kepada wartawan, Minggu, 29 September 2019.

Menurutnya, bantuan itu merupakan sumbangan sukarela dan personel Polda Maluku, maupun Polda Maluku secara institusi.

“Alhamdulillah bantuan sudah kita distribusikan kepada para korban gempa di beberapa titik baik di kota Ambon, maupun Maluku Tengah, khususnya yang berada di Tulehu, Waai dan Liang, serta sejumlah titik lokasi lain,” ungkap Ohoirat.

Diakui, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk selalu hadir di tengah-tengah korban bencana alam. “Kita selalu mendampingi para korban gempa, termasuk memberikan bantuan. Bantuan yang telah didistribusikan itu juga atas perintah bapak Kapolda Irjen Pol Royke Lumowa,” terangnya.

Sebelum penyaluran bantuan, kata Ohoirat, pasca gempa pada Kamis, 26 September 2019, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, langsung mendatangi masyarakat yang menjadi korban gempa. Baik yang ada di kota Ambon maupun Maluku Tengah.

“Beberapa jam setelah gempa 6.8 SR, Pak Kapolda bersama sejumlah pejabat utama mendatangi sebagian besar lokasi bencana, baik di kota Ambon maupun Maluku Tengah. Hasilnya sejumlah akses jalan yang sempat terputus akibat adanya timbunan material akibat gempa, khususnya di kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, langsung dibersihkan oleh personil Polda Maluku,” tandas Ohoirat. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top