Ambonesia

AUM Salurkan Bantuan Ke Posko Bencana

Rakyatmaluku.com – AMAL Usaha Muhammadiyah (AUM) se-Kota Ambon melakukan penggalangan dana untuk disalurkan kepada korban gempabumi yang tersebar di sejumlah wilayah. Penggalangan dana dipusatkan di beberapa tempat di Kota Ambon, sebagai bentuk dukungan dan empati keluarga Muhammadiyah kepada para korban yang ditimpa bencana alam. Demikian disampaikan Kepala Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Kota Ambon, Deden Siolimbona, kepada Rakyat Maluku, Rabu, 2 Oktober 2019.

Selain melakukan pengumpulan dana, pihak Ortom Muhammadiyah juga memiliki sejumlah kantong sumber dana, yang akan disalurkan ke warga korban gempabumi. Kantong dana yang sudah disalurkan kepada warga korban gempabumi tersebut; Lazismu dan MDMC. “Penggalangan dana ini sebagai bentuk respon orang tua siswa terhadap korban bencana alam di Maluku. Kami tergabung dalam Amal Usaha Muhammadiyah yakni SD, SMP, SMA dan SMK,” jelas Deden.

Penggalangan dana yang dilakukan oleh Ortom Muhammadiyah ini sendiri, kata dia, merupakan bagian dari dukungan para orang tua siswa di lingkup Muhammadiyah, untuk secara bersama-sama membantu para korban bencana gempabumi di Maluku. Selanjutnya, bantuan yang dikumpulkan tersebut, akan disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya. Meskipun terpantau di lapangan sudah banyak dukungan bantuan dari berbagai pihak, tapi Ortom Muhammadiyah juga memiliki tanggungjawab kemanusiaan, untuk sama-sama membantu masyarakat terdampak bencana alam.

Deden mengaku, setelah gempabumi terjadi pada tanggal 26 September 2019 yang menyebabkan korban jiwa dan harta benda tersebut, pihak Muhammadiyah di Kota Ambon langsung membentuk posko penggalangan dana. Lewat posko tersebut, sejumlah bantuan telah disalurkan dan masih terus dilakukan penggalangan dana bersama-sama. Agar bantuan nantinya tersalurkan secara baik atas nama Muhammadiyah, maka, lanjut mantan Presiden Mahasiswa IAIN Ambon ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Posko Muhammadiyah yang sudah dibentuk beberapa waktu lalu. Sesuai rencana, lanjut Deden yang bertindak sebagai Koordinator Aksi ini, sebagian dana yang sudah dikumpulkan akan diberikan kepada para guru dan orang tua siswa yang terdampak bencana. “Sembako sudah terkumpul. Apabila ada uang tunai, akan kami koordinasikan dengan posko induk Muhammadiyah untuk disalurkan ke pihak yang berhak menerimanya,” tutup Deden sembari berharap, dukungan yang disalurkan ini, kiranya dapat meringankan beban para korban gempabumi tersebut. (CIK)

------ ======================

Berita Populer

To Top