Daerah

Baznas dan Dinsos SBT Santuni Korban Gempabumi

Laporan: Sofyan Kastella/SBT

Rakyatmaluku.com – BADAN Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dinas Sosial Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), akan menyalurkan bantuan kepada para korban gempabumi asal Kabupaten SBT yang tersebar di wilayah terdampak bencana, baik di Kota Ambon, Kabupaten SBB maupun Kabupaten Malteng. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Administrasi Baznas SBT, Irfan Rahim Tianlean, saat ditemui Rakyat Maluku di ruang kerjanya, Jumat, 4 Oktober 2019.

Dukungan bantuan yang dikhususnya kepada warga SBT yang ada di daerah terdampak bencana, untuk mengurangi beban pemerintah kabupaten/kota terdampak. Apalagi, terpantau sampai hari ke delapan kemarin, menurut dia, jumlah korban gempabumi kian mengalami peningkatan, lengkap dengan jumlah pengungsi yang sampai kini masih berada di lokasi pengungsian. Tentu, dari tiga kabupaten/kota tersebut, terdapat pengungsi yang merupakan warga SBT. Sebagai pemerintah SBT, kiranya akan disiapkan bantuan yang khusus disalurkan kepada warganya.

Untuk saat ini sendiri, lanjut dia, telah disiapkan anggaran senilai Rp300 juta, yang akan disalurkan langsung kepada para korban bencana asal SBT yang tersebar di Kota Ambon, SBB dan Malteng. Saat ini, lanjut dia, tengah disiapkan hal-hal adminstrasi terkait dengan proses penyaluran bantuan, sehingga tidak terjadi masalah dikemudian hari. “Kita akan cari semua titik dan apa yang dibutuhkan pengisi asal SBT.”

Sementara Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten SBT Arifin Siwa-siwan, menjelaskan, bantuan tengah disiapkan oleh petugas sesuai data yang dihimpun dari lapangan. Tentu, karena anggaran Dinsos SBT yang terbatas, sehingga bantuan yang disiapkanpun tidak akan mencukupi seluruh kebutuhan warga pengungsi asal SBT yang tersebar di tiga wilayah tersebut. Namun, kata dia, bantuan tersebut nantinya dapat meringankan beban baik pemerintah setempat, maupun warga yang menjadi korban terdampak bencana. “Karena kita juga tidak mungkin membiarkan saudara-saudari kita kesusahan begitu saja,” singkat dia.(***)

|| Ikuti terus informasi terupdate di rakyatmaluku.com.

------ ======================

Berita Populer

To Top