Berita Utama

Mahasiswa Tolak Pemilihan Rektor Unpatti Ambon

RAKYATMALUKU.COM – MAHASISWA Universitas Pattimura Ambon menggelar aksi menolak proses pemilihan Rektor tahap 2 yang berlangsung hari ini di Gedung Student Center, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jumat, 18 Oktober 2019.

Mahasiswa beralasan, saat ini kondisi pemerintahan dalam masa transisi sehingga Menteri Ristek Dikti tidak memiliki hak penuh untuk menentukan keterpilihan Rektor Unpatti, periode 2020-2024. Mereka lantas menolak 35 persen suara menteri yang lama.

Koordinator Aksi, Simon Batmonolin, menegaskan, ada kejanggalan percepatan proses pemilihan dari yang sebelumnya ditetapkan tanggal 30 Oktober, 2019, namun dimajukan hari ini tanpa diputuskan dalam Rapat Senat. “Ketua Senat dan panitia pemilihan tidak punya dasar untuk menerbitkan surat undangan pemilihan karna harus melalui persetujuan Senat.”

Batmomolin lantas menyebut Ketua Senat Universitas, Prof Simon Nirahua, tidak menunjukan sikap netralitasnya dalam proses pemilihan ini. Aksi puluhan mahasiswa itu mendapat pengawalan ketat dari sejumlah personil kepolisian. Mereka bahkan tidak diberikan ruang untuk berorasi didepan gedung Student Center, lokasi pelaksanaan pemilihan rektor tahap dua. (CIK)

|| Baca edisi pagi Harian Rakyat Maluku, dan terus ikuti perkembangan informasi update rakyatmaluku.com

------ ======================

Berita Populer

To Top