Ambonesia

Wunuhalono H.E.D Dahoklory, S,Pi. M,Si, Siap Mengabdi Untuk MBD

Rakyatmaluku.com – KEMAJUAN peran perempuan di dalam kepemimpinan di Indonesia sungguh luar biasa. Keinginan para perempuan untuk mendapatkan jatah lebih besar di dalam kancah politik pun akhirnya terakomodasi.
Hal ini dapat dilihat dengan adanya kuota 30% untuk pengurus parpol dan pencalonan anggota legislatif. Gejala ini tentunya berdampak pada tuntutan. perempuan harus memainkan perannya dalam mewujudkan demokrasi yang tidak bias gender sekaligus sebagai bukti kedewasaan suatu bangsa.
Hadirnya sosok perempuan ke kancah dimensi publik baik itu orang nomor satu di Indonesia dan di daerah-daerah membawa kecenderungan baru dalam konteks kekinian. Perempuan ingin dunia memperlakukan kaumnya secara proporsional. Kecenderungan inilah yang salah satunya berimplikasi pada terstimulusnya kaum perempuan bersaing dengan kaum laki-laki untuk menjadi pemimpin.
Tentu sangat mudah melakukan inventarisasi ketokohan perempuan di Indonesia. Misalnya bisa dicari dari sisi profesionalitas, intelektualitas, integritas, kemampuan kepemimpinan, dan tentu saja track record-nya di dalam mengurus organisasi atau bidang tertentu. Hal inilah yang menjadi motifasi bagi sosok srikandi baru di Maluku, Wunuhalono H.E.D Dahoklory, S,Pi. M,Si untuk mengabdi di daerah asalnya Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).
Jalur pengabdian yang ditempuh wanita yang biasa di panggil dengan sebutan Kakak Ella itu yakni dengan bertarung untuk merebut posisi sebagai bakal calon wakil bupati kabupaten yang berjuluk “Kalwedo” itu dengan mendaftarkan diri di DPWPartai NasDem Provinsi Maluku, Rabu 3 Oktober 2019 dan diterima langsung Sekretaris Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati Dan Bakal Calon Wakil Bupati DPW Partai NasDem Maluku, Abdullah Marasabessy dan Wakil Ketua DPW NasDem Maluku Rasyid Notanubun.“Saya maju bertarung di Pilkada Kabupaten MBD karena saya berpikir masyarakat MBD itu harus sejahtera ,” ujar wanita kelahiran 19 Maret 1986 itu saat memberikan pernyataan perihal keinginannya maju bertarung Pilkada MBD, usai pendaftaran.
Wunuhalono H.E.D Dahoklory, S,Pi. M,Si, (Kakak Ella) sendiri adalah salah satu pengusaha muda yang menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Perikanan, Universitas Patimura tahun 2008, dan S2 Ekonomi Sumber Daya Kelautan Tropika di IPB Tahun 2014.Ella menikah dengan Alter Sabandar dan dikaruniai tiga orang anak.
Ella terkenal sebagai pengusaha Maluku, lebih khusus MBD yang bergerak di sektor jasa untuk perawatan mobil/motor dan penyewaan kendaraan bermotor di Kota Ambon Manise, sejak 2014 silam yang dipercaya merawat ribuan mobil dan motor.
Saat ditanyai apakah dirinya sudah berkomunikasi dengan bakal calon wakil bupati Kabupaten MBD, mantan pengajar di Unipatti ini mengaku soal komunikasi tersebut dirinya serahkan sepenuhnya kepada tim sukses.
“Untuk komunikasi dengan bakal calon bupati saya serahkan sepenuhnya kepada tim saya untuk melalukan komunikasi tersebut, tentunya kita akan selalu berkoordinasi,” tandas Ella.
Menyoal partai apa saja yang akan dipilihnya untuk bisa mengantar impiannya mensejahterakan masyarakat MBD, Ella mengaku ada sejumlah partai yang dijajaki dirinya bersama tim.“Karena NasDem sudah membuka pendaftaran maka kita mendaftar dulu di NasDem, tapi nanti partai lain juga membuka pendaftaran kita juga akan mendaftar. Target kira juga mendaftar di Partai Hanura dan juga Gerindra,” tegas Ella.
Sementara itu saat mendaftar Sekretaris Tim Penjaringan DPW NasDem Maluku, Abdullah Marasabessy, mengatakan DPP Partai NasDem telah menetapkan 8 lembaga survey dimana setiap bakal calon kepala derah maupun bakal calon wakil kepala daerah diwajibkan untuk menunjuk salah satu lembaga survey tersebut untuk melakukan survey guna mengetahui popularitas dan elektabilitas.“Nanti dari hasil survey tersebut barulah Partai NasDem memutuskan siapa bakal calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang akan direkomendasikan,” tandas Marasabessy. (RM)
------ ======================

Berita Populer

To Top