Lasqi Nasional XXIV 2019

86 Peserta Ikut Lomba Seni Qasidah

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Sebanyak 86 peserta dari 30 daerah yang ada di Indonesia, mengikuti festival Seni Qasidah pada pemilihan Duta Qasidah ke-24 tingkat Nasional tahun 2019 yang diselenggarakan di Kota Ambon, 26 November 2019. Lomba qasidah tingkat nasional itu dilaksanakan di tiga tempat secara serentak, yakni di arena utama Lapangan Letkol CHR. Tahapary, Gedung Ashari Alfatah, Kecamatan Sirimau, dan Gedung Islamic Center, Kecamatan Nusaniwe.

Peserta yang ikut dalam lomba tersebut terdiri dari beberapa kategori, yakni tingkat anak, remaja maupun dewasa.

Ketua Panitia pelaksanaan Pemilihan Duta Qasidah ke-24 Tingkat Nasional Tahun 2019, A. G Latuheru kepada Rakyat Maluku mengungkapkan, sesuai dengan jadwal, hari ini, kegiatan berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIT. Kemudian dilanjutkan usai salat Dzuhur pada pukul 13.30 hingga 17.30 WIT. Jadwal itu, dilaksanakan secara serentak di tiga tempat, dengan kategori yang berbeda. “Di Ashari pada pukul 09.00 WIT, dilaksanakan lomba qasidah untuk kategori Bivo Anak, dan dikuti 14 peserta putra maupun putri. Setelah itu dilanjutkan dengan Pop religi yang diikuti 18 peserta, baik putra dan putri, pukul 13.30 hingga 17.30 WIT,” Kata Latuheru.

Di Islamic Center, dimulai dengan kategori Rebana Klasik Remaja. Kategori ini pesertanya 6 yang terdiri dari putra dan putri, mereka berasal dari beberapa provinsi. Selanjutnya kategori Rebana Klasik Dewasa yang diikuti oleh 4 putri maupun putra.

Sementara di arena utama Lapangan Letkol CHR. Tahapary, qasidah untuk kategori Bivo Remaja, dan ini dikuti 18 peserta baik putra-putri. Usai Bivo Remaja, dilanjutkan dengan kategori Bivo Dewasa. Pesertanya 11 orang. “Untuk malam hari (tadi malam), semua dialihkan ke arena utama, di Lapangan CHR. Tahapary. Qasidah kategori kolaborasi, hanya diikuti tiga grup,” jelas dia.

Sekretaris Kota Ambon itu menjelaskan, babak penyisihan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 26-27 November. Dan tanggal 28 Novemebr babak final.

Kata dia, seluruh peserta yang datang ke arena perlombaan, mendapat pendampingan dari pihak panitia maupun oraganisai perangkat daerah (OPD-OPD) penanggungjawab kontingen, agar tidak ada ganguan selama mereka mengikuti kegiatan tingkat nasional itu. “Kita berharap, para peserta juga bisa mengikuti kegiatan ini secara secara baik dengan penuh semangat, sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan lancar tanpa ada ganguan,” kata dia.

Selain itu, guna menyukseskan pelaksanaan festival Seni Qasidah dan pemilihan Duta Qasidah ke-24 tingkat Nasional, tuan rumah Kota Ambon juga menggelar carnaval budaya, Selasa sore. Karnaval itu diikuti hampir seluruh provinsi di Indonesia. Mulai kontingen DKI Jakarta, Jawa Barat hingga Papua. Mereka melalukan carnaval dengan star dari depan Lapangan Merdeka, Kota Ambon. (*)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top