Lasqi Nasional XXIV 2019

Maluku Juara Umum Seni Qasidah 2019

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Kontingen Maluku akhirnya keluar sebagai juara umum dalam ajang Festival Nasional Bintang Vokalis Seni Qasuidah XXIV yang dihelat di Kota Ambon, sejak 25 November 2019.

Pengumuman Maluku sebagai juara umum itu disampaikan dalam puncak acara penutupan pada Jumat malam, 29 November di lapangan Tahapary, Tantui Ambon.

Ketua Umum DPP Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Tarmizi Tohor akhirnya menyerahkan piala kepada kontingen Maluku yang tampil sebagai juara umum. Piala bagi juara umum ini diterima langsung oleh Ketua Lasqi Maluku Ny.Widya Murad Ismail.

Provinsi Maluku pada delapan mata lomba dengan kategori anak hingga dewasa, berhasil memperoleh medali emas hampir semua tingkatan.
Di sela-sela penyerahan piala tersebut, Tarmizi Tohor mengharapkan, melalui festival ini ada bakat-bakat generasi muda yang mampu memberikan yang terbaik bagi daerah hingga tingkat nasional.

“Selain festival ini untuk syiar Islam, juga sebagai peningkatan kualitas bakat seni dan qasidah bagi generasi muda di Indonesia,” kata Ketum LASQI

Ia juga mengingatkan hasil yang diraih seluruh peserta diharapkan dapat terus ditingkatkan. Artinya, meski meraih juara, tetapi kualitas dan kemampuan seni dan qasidah tetap terus dilatih, sehingga ketika Festival Bintang Vocalis Lasqi se-Indonesia yang akan berlangsung di Aceh tahun 2020 nanti, bisa bersaing dan mempertahankan juara umum ini.

Pasalnya, tandasnya lagi, karena tujuannya adalah syiar Islam, maka kualitas dan kemampun peserta juga harus semakin baik, sehingga implementasi di lapangan bisa diterima masyarakat dengan baik.

“Jika masyarakat mendengarnya enak dan nyaman, maka syiar Islam pun jalan. Jika masyarakat kurang menikmati, tentu syiar yang dibangun tidak akan masuk. Sedangkan, prestasi yang diraih adalah ikutan dari kemampuan yang dimiliki peserta,” jelasnya.

Diketahui, pada bintang vokalis anak-anak kategori putri, peserta asal Maluku atas nama Hana Kayla Zawawi keluar sebagai juara I. Disusul oleh peserta asal Jawa Timur sebagai juara II. Juara II diraih oleh peserta asal Sumatra Utara. Sementara untuk harapan I, II dan II diraih oleh masing-masing peserta dari Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Lampung.

Pada bintang vokalis anak-anak kategori putra, juara I diraih peserta asal Sulawesi Tenggara atas nama Muh Abdullah Izati. Juara II dari Sumatra Barat atas nama Farel Ibnu Dafi, juara III dari Aceh atas nama M. Ikhsan Rajib. Sementara harapan I, II dan III diraih oleh peserta dari Lampung, Maluku dan Sulawesi Barat.
Untuk bintang vokalis remaja putra, juara I diraih oleh Saifullah dari Banten, juara II oleh Angga Razki dari Sumatra Barat, juara III oleh Khairir Ikhsan dari Aceh. Sementara harapan I, II dan II yakni dari NTB, Bali dan Maluku.

Untuk kategori vokalis remaja putri, Nurhayati Litiloly asal Maluku keluar sebagai juara I. Juara II diraih Susi Febriani peserta asal Sumatra Barat, juara III oleh Yusriatussa’adah dari Banten. Sementara untuk harapan I, II dan II diraih oleh Silawesi Selatan, Lampung dan Sulawesi Tengah.

Bintang vokalis Dewasa keluar sebagai juara I dari Sumatra Utara M. Sadikin, juara II Arya Putra dari Lampung, juara III yaitu Mulyadi Taslim dari Maluku. Sementara harapan I, II, III diraih oleh Bali, Sulawesi Tenggara dan Lampung.

Kategori bintang vokalis dewasa putri , juara I diraih oleh Nurul fatha Toisutta dari Maluku, juara II Farikhatul Magfiroh asal Jawa Timur, juara III oleh Fozarah asal Kalimantan Selatan. Sementara harapaan I, II dan III diraih oleh Sumatra Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Kategori pop religi putra, juara I Saifullah dari Banten, juara II Abdul Rahman asal Lampung, juara III Yokti Ananda asal NTT. Harapan I, II dan III diraih oleh Maluku, Riau dan Jawa barat. Sementara untuk putri, juara I diraih Balqis Vania asal Lampung, juara II Rahma nabila Letahit asal Maluku, juara III Sri Rahayu dari Sulawesi Barat. Sedangkan harapan I, II, II diraih oleh Sumatra Barat, Jawa Barat dan Sumatra Utara.

Juara I kategori klasik remaja putra diraih oleh grup asal Banten, juara II Kepulauan Riau, juara III Sulawesi Tenggara. sementara harapan I, II dan III diraih oleg grup dari Kalimantan Tengah, Maluku dan Papua Barat. Sedangkan Juara I kategori klasik remaja putri diraih oleh grup Banten, juara II Jawa Timur, juara III dari Maluku.

Sementara untuk rebana klasik dewasa putra, juara I diraih oleh Jawa Barat, juara II Banten, juara III Kalimantan Selatan. sedangkan Harapan I diraih oleh Maluku. Untuk rebana klasik dewasa putri juara I oleh Banten, juara II Sulawesi Tenggara, juara III Kalimantan Tengah. Harapan I Sumatra Barat, II Maluku, III Papua.

Kategori kolaborasi, juara I diraih oleh grup asal Maluku, juara II Aceh, juara III Kalimantan Tengah. Sedangkan kategori Kontemporer, juara I diraih Maluku, juara II Kalimantan Tengah, juara III Aceh. Untuk juara favorit diraih oleh grup rebana klasik remaja asal Papua Barat, juara II diraih oleh grup kontemporer Kalimantan tengah, juara III diraih oleh grup kolaborasi asal Maluku. Dengan demikian, Maluku keluar sebagai juara umum dalam Festival Seni Qasidah 2019. (YAS/SAH)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top