Kongres GMNI XXI

Mensos Buka Kongres GMNI di Ambon

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Menteri Sosial (Mensos) RI Juliari Peter Batubara, membuka Kongres Kemaritiman Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke XXI secara resmi di Gedung Islamic Center Kota Ambon, Kamis, 28 November 2019.

Ketua Panitia Kongres Kemaritiman GMNI ke XXI, Sujahri Somar mengungkapkan, selain Mensos RI Juliari Peter Batubara, sejumlah pejabat negara dipastikan hadir dalam acara pembukaan tersebut. Diantaranya, Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Moeldoko dan Ketua Umum Persatuan Alumni (PA) GMNI Ahmad Basarah yang juga wakil ketua MPR RI.

“Informasi dari Istana Negara hingga malam hari ini bahwa yang akan hadir membuka acara Kongres GMNI adalah Mensos Juliari Peter Batubara. Dan pejabat negara yang sudah terkonfirmasi untuk hadir hanya pak Moeldoko dan pak Ahmad Basarah. Pejabat negara lainnya belum terkonfirmasi,” ungkap Somar kepada Rakyat Maluku, tadi malam.

Dikatakan Somar, kehadiran Mensos RI Juliari Peter Batubara di Ambon juga sekaligus bagian dari kunjungan kerja (Kunker), serta pemberian bantuan kepada pengungsi korban bencana gempa bumi. “Kehadiran Mensos juga bagian dari kunker, dimana dalam acara pembukaan nanti, Mensos akan menyerahkan bantuan kepada pengungsi korban gempa melalui GMNI secara simbolis. Setelah acara kongres, barulah bantuan itu diserahkan kepada pengungsi korban gempa di wilayah Kabupaten Maluku Tengah,” kata Ketua Cabang GMNI Ambon itu.

Ditanya kesiapan teknis penyelenggaraan Kongres Kemaritiman GMNI ke- XXI di Kota Ambon yang berlangsung selama lima hari sejak 28 November hingga 2 Desember 2019, Somar mengaku telah rampung 100 persen. “Teknis tempat kegiatan sudah fix di Islamic Center untuk acara seremonial pembukaanya. Sedangkan acara sidang-sidangnya berjalan di Gedung Christiani Center. Mulai dari Sidang Pleno 1, Pleno 2 sampai masuk ke sidang-sidang komisi, bahkan acara penutupan kongres juga disitu (Christiani Center),” jelas Somar.

Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia, kongres tersebut akan diramaikan oleh seribu lebih peserta yang berasal dari 169 DPC/DPD se-Indonesia. Dimana dari 169 DPC/DPD se-Indonesia itu, sebanyak 14 orang telah menyatakan sikapnya untuk ikut bertarung sebagai bakal calon ketum umum DPP GMNI periode 2019-2022.

“Termasuk diantaranya Ketua Umum DPP GMNI Robaytullah Kusuma Jaya dan Sekretaris Jenderal DPP GMNI Clance Teddy juga ikut bertarung merebut jabatan ketua umum DPP GMNI periode 2019-2022. Bagi kami sebagai tuan rumah kongres kamaritiman ini, siapapun yang terpilih ketua umum, maka posisi sekjen harus tetap dari Maluku, itu harga mati,” tegas Somar.(*)

------ ======================

Berita Populer

To Top