NEWS UPDATE

Mobil MI-Orno Dianggarkan Rp3,7 M

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- BADAN Penghubung Provinsi Maluku yang berkantor di Jakarta berniat membelikan mobil baru untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail (MI) dan Barnabas Orno di tahun anggaran (TA) 2020.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Maluku, Saiful Indra Patta mengatakan, selama ini kendaraan dinas operasional gubernur, wakil gubernur untuk urusan kedinasan di Jakarta hanya menggunakan mobil jenis Camry yang sedianya mobil itu diperuntukan untuk akomodasi Sekda Maluku.

Untuk itu, di tahun 2020, Badan Penghubung Provinsi Maluku merencanakan pengadaan dua unit kendaraan dinas khusus senilai Rp3,7 miliar. “Sesuai dengan aturan kendaraan dinas untuk pejabat semisal gubernur adalah 3.000 cc, wakil gubernur 2.000 cc,” kata Saiful kepada wartawan usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku, Senin 25 November 2019.

Sementara mengenai jenis kendaraan yang akan dibeli, Saiful enggan merinci, dengan alasan dalam peraturan tidak disebutkan jenis kendaraan, hanya mengenai ukuran mesin.

Menurut Saiful, rencana pembelian dua unit mobil untuk menunjang tugas-tugas gubernur dan wakil gubernur itu, maka ada kenaikan anggaran Rp6 miliar di tahun anggaran 2019 menjadi Rp9 miliar lebih di tahun anggaran 2020.

Dugaan Rakyat Maluku, kendaraan dinas dengan kapasitas 2.500 sampai 3.500 cc dengan anggaran sebesar itu, maka mobil dinas yang bakal dibeli adalah sejenis Toyota Alphard atau Toyota Velvire. Untuk Toyota Alphard on the road DKI Jakarta harganya mulai dari Rp1,1 miliar hingga Rp1.8 miliar. Begitu pula dengan Toyota Vellfire 2.5. Sebelumnya dalam rapat dengan Komisi I, Saiful menjelaskan kendaraan dinas yang ada di kantor penghubung berjumlah 10 unit, lima dalam status maintenance.

Selain itu, kenaikan pagu anggaran untuk Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Maluku di Jakarta juga dipengaruhi rencana penambahan upah untuk PNS yang bertugas di badan penghubung dan para pekerja kontrak. “Tenaga kontrak di kantor penghubung bergaji sesuai UMP Maluku, sementara dalam aturan disebutkan UMP harus sesuai dengan daerah di mana mereka bekerja yakni UMP Jakarta,” beber Saiful yang baru tiga bulan diresmikan pengangkatannya sebagai Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Provinsi Maluku itu. (ARI)

Daftar Harga Mobil Toyota Alphard OTR Jakarta
Tipe Harga
Alphard 2.5 G A/T Rp. 1.124.750.000
Alphard 2.5 X A/T Rp. 970.350.000
Alphard 3.5 Q A/T Rp. 1.857.250.000
Toyota VELLFIRE 2.5 G A/T Rp. 1.122.750.000

------ ======================

Berita Populer

To Top