Berita Utama

Ngaku KPK, Tiga Kawanan Penipu Diringkus di Kobi Malteng

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,– Tiga kawanan warga, Johana Talarima, Jhon Sarel Pattipeilohi, SH dan Iwan, akhirnya harus berurusan dengan aparat keamanan, setelah ditangkap usai melakukan penipuan terhadap warga, termasuk salah satunya yang jadi korban penipuan, Kepala Desa Maneo Niko Baoiratan, dengan menyerahkan uang tunai senilai Rp10 juta kepada tiga kawanan penipu tersebut.

Ketiganya diamankan di kamar 103 Penginapan Grand Kobi, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis, 7 November 2019, sekira Pukul 20.55 WIT.

Tiga kawanan penipu yang mengaku bekerja sebagai wartawan sekaligus anggota KPK dari Jakarta itu, diamankan berkat laporan Bendahara Desa Kabuhari, Frances Sumata, kepada Babinsanya, Kopda Frans Rahadat.

Frans menjelaskan, ia menerima laporan dari Frances, bahwa ada anggota KPK dari Jakarta ingin memeriksa laporan Anggaran Dana Desa/Dana Desa (ADD/DD) Kabuhari. Sebelumnya, kata Frans menurut Frances, Tim yang dilaporkan sudah melakukan pemeriksaan yang sama di Desa Maneo. Menariknya, saat di Maneo, tiga penipu itu berhasil menggasak uang senilai Rp10 juta dari targetnya.

Frans yang menerima laporan ini, langsung menghubungi atasannya Danramil 1502-05/Wahai Kapten Cba La Ode Maaruf. Danramil selanjutnya berkoordinasi dengan Kapolsek Wahai, Akp Deni Sandera. Danramil dan Kapolsek sama-sama menuju lokasi kejadian, sembari Frans dan rekannya terus memantau ketiga penipu yang memeras warga itu. Tepat pukul 21.05 WIT, Danramil dan Kapolsek tiba di TKP dan langsung bergerak cepat mengamankan ketiga pelaku.

Setelah diamankan, ketiganya langsung digelandang menuju Kantor Polsek Wahai, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Aksi ketiga pelaku berhasil menipu warga dengan mengambil uang senilai Rp12 juta. Rp10 juta didapatkan dari Kades Maneo, Rp1 juta diambil di dari Desa Aketternate, dan Rp1 juta lainnya diperas dari Desa Kobi Sadar. (***)

| Baca berita selengkapnya di edisi pagi Harian Rakyat Maluku, dan ikuti terus berita update rakyatmaluku.com.

------ ======================

Berita Populer

To Top