I Like MONDAY

Penataan Pasar Mardika

TAK lama lagi Kota Ambon bakal punya Pasar Mardika yang representatif. Dengan struktur bangunan yang moderen keberadaan Pasar Mardika bakal menjadi icon baru Kota Ambon. Setidaknya bila dilihat dari master plan sebagaimana yang beredar luas di medsos mencerminkan wajah Kota Ambon akan semakin cantik.

Wilayah pasar yang berada di bibir pantai yang selama ini diidentikkan dengan slum area bakal pupus. Semua akan tertata lebih baik. Pedagang yang selama ini berjualan di badan jalan bakal tak bisa lagi leluasa. Juga kendaraan yang selama ini merasa terhalang akibat pedagang yang meluber di jalanan akan semakin nyaman.

Termasuk mereka yang selama ini beradu mulut melewati jalur pantai itu tak perlu lagi bersitegang. Kepada petugas Dishub maupun Satpol PP yang selama ini selalu setia mengatur arus lalulintas dan menjadi “sasaran tembak” karena tak bisa bersikap tegas mengatur pedagang dan arus kendaraan, gerobak, becak, parkir motor, dan mobil, bakal tak perlu lagi “dimarahi”.

Kita tentu patut bersykur, jika tahun depan obsesi Walikota Ambon Richard Louhenapessy menjadikan Pasar Mardika bisa terlaksana maka ini menjadi prestasi terbaik untuk politisi Partai Golkar, itu.

Mengapa tidak, penataan atau revitalisasi Pasar Mardika bukan perkara gampang. Sejak lama, sudah beberapa kali pergantian rezim, Pasar Mardika tak pernah ada penataan. Berkembangnya jumlah pedagang tidak diikuti oleh fasilitas dan minimnya lahan membuat pusat perekenomian Kota Ambon itu seolah dibiarkan tidak terurus.

Padahal, keberadaan pasar tersebut berada di jantung kota. Tentu jika hal itu dibarengi dengan penataan dan pengembangan reklamasi di pesisir pantai, bukan tidak mungkin akan menjadi icon Kota Ambon yang sangat menarik.

Tak ada yang kurang dengan keindahan pantai dan pesisir Kota Ambon. Bagi Anda yang pernah ke Pantai Scenifel atau Pantai Volendam di Belanda, Pantai Utara Kota Seattle, Pantai San Fransisco atau Pantai Florida di Amerika Serikat, topografi pantai Kota Ambon jauh lebih eksotik.

Mumpung tahun depan sudah ada rencana revitalisasi Pasar Mardika. Kita berharap ini langkah awal yang baik buat periode kedua sang Walikota Richard Louhenapessy. Memasuki tahap awal pembangunan nanti, itikad baik pemerintah ini bisa mendapat dukungan dari semua pihak. Dan, semoga wajah Pasar Mardika yang selama ini dicap sebagai areal pemukiman kumuh di tengah kota (slum area) benar-benar bisa berubah.

Kepada para pedagang maupun pemilik ruko tentu harus mendukung langkah ini. Untuk menghindari konflik kepentingan, kita berharap tidak akan menimbulkan gesekan di lapangan. Pemerintah tentu sudah punya pola penanganan yang maksimal termasuk bagaimana menempatkan para pedagang ke tempat lain tanpa ada yang merasa dirugikan. Semoga!

------ ======================

Berita Populer

To Top