Lasqi Nasional XXIV 2019

Sukseskan Lasqi Nasional, Dinkes Siagakan 16 Posko Kesehatan

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Kebutuhan pelayanan kesehatan menjadi tanggungjawab tuan rumah Pemilihan Duta Qasidah Nasional. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Ambon membangun 16 posko kesehatan bagi peserta lomba Qasidah (Lasqi) Tingkat Nasional di Kota Ambon.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengungkapkan, enam titik posko kesehatan yang disediakan yakni; di Bandara Pattimura, tempat tinggal peserta, dan tiga titik tempat penyelengaraan lomba, yakni Islamic Centre, Gedung Ashari dan Lapangan Tahapary Polda Maluku. “Dinas Kesehatan Kota Ambon bertanggungjawab penuh atas kesehatan seluruh Kontingen peserta Lasqi yang mengikuti lomba di kota ini,” jelas dia.

Salah satu bentuk antisipasi yang dilakukan lanjut dia, adalah melakukan fogging di seluruh tempat inap dan tempat pertandingan. Tujuannya, agar kasus demam berdarah yang pernah terjadi pada kontingen yang mengikuti kegiatan bertaraf nasional beberapa bulan lalu tidak terulang lagi.

Saat ini, kata dia, di setiap posko ditempatkan empat orang tenaga medis, yang terdiri dari satu dokter dua perawat dan satu sopir ambulans yang siap membawa peserta yang sakit ke rumah sakit jika tidak bisa di rawat pada posko kesehatan. “Di lokasi-lokasi posko juga kami bagi tenaga medis dalam dua shift sehingga tercover selama pelaksanaan lomba.” Selain itu, Dinas kesehatan Kota Ambon juga dibantu tim kesehatan dari Prelabuhan Yos Seodarso Ambon untuk memback up tim kesehatan yang ditempatkan di beberapa lokasi yang menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan. (sam/dms)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top