Politik

Usung Program “Remaja Tiga”, Laitupa Siap Bertarung di Kontestasi Bursel

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Abdul Mutalib Laitupa, MM, kandidat bakal calon Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mengkokohkan niatnya untuk bertarung di kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Buru Selatan tahun 2020 mendatang. Salah satu tagline unggulan yang disiapkan, ‘Remaja Tiga’. Komitmen itu telah direalisasi dengan mendaftarkan diri ke beberapa partai politik, termasuk ke Partai NasDem.

Pengalamannya selama 35 tahun berada dalam birokrasi pemerintahan menjadi modal. Dengan pengalaman itu, dia berkeinginan untuk terus mendedikasikan sumberdayanya dalam kerangka pembangunan Kabupaten Buru Selatan berkelanjutan. “Sebagai anak daerah, tentu saya punya tanggungjawab moral untuk membangun daerah ini lebih baik. Untuk itu, saya telah bertekad maju dalam kontestasi ini,” ujar Mutalib Laitupa.

Gagasan pembangunan berkelanjutan itu telah dirangkumkan dalam program kerjanya jika kelak dipercayakan masyarakat untuk memimpin Kabupaten berjuluk Lolik Lanen Fedak Fena ini.

Pada pemaparan visi-misi bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Buru Selatan periode 2020-2025 yang digelar DPD NasDem, Selasa, 5 November 2019 kemarin, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bursel itu hadir dengan gagasan, “Buru Selatan Remaja Tiga”. Terwujudnya masyarakat Buru Selatan yang Relegius, Mandiri, Sejahtera serta terciptanya Keunggulan Daerah pada Periode ketiga.

Menurut Laitupa, pembangunan suatu masyarakat dapat dirasakan manfaatnya apabila dilaksanakan secara berkesinambungan. Dengan alasan target dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan secara bertahap akan diperoleh capaian hasil pembangunan yang jelas sehingga pembangunan tidak seharusnya dimulai dari awal lagi.

Untuk mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat tentu pembangunan harus diefektifkan. Salah satunya memperjelas terlebih dahulu tentang permasahalan yang akan diselesaikan. Baik permasalahan wilayah, penduduk maupun permasahalan pemerintah.

Dikatakan, jika terpilih nanti sebagai Bupati Buru Selatan, ada bebarapa program yang dinilai sangat prioritas dari pandangan teknis maupun politis untuk direalisasikan diantaranya persoalan pendidikan, kesehatan, pembinaan kepemudaan, pembinaan keolahragaan, pelestarian budaya lokal, pemberdayaan perempuan, sosial, ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil Menengah, perindustrian dan perdagangan, penanaman modal dan perijinan, pertanian dan peternakan, perikanan dan kelautan, kehutanan dan perkebunan, ketahanan pangan,mengembangkan infrastruktur wilayah dan pengelolaan lingkungan secara tertanggungjawab, meningkatkan peran masyarakat dalam mewujudkan keunggulan daerah yang berbasis kearifan lokal, mengembangkan reformasi birokrasi dengan mewujudkan pemerintahan yang bersih, profesional dan mengayomi rakyat, menguatkan peran pemerintahan desa dalam pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli daerah.

Berbagai rangkaian program yang ditawarkan pria Kelahiran Namrole, 6 Januari, 1960 itu, telah dirangkumkan dalam Visi dan Misinya. Dimana Visi yang diusung adalah meningkatkan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya alam menuju Buru Selatan, Relegius, Maju/Mandiri, Sejahtera serta terciptanya keunggulan daerah yang dijabarkan dalam delapan Misi yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia berbasis ajaran agama, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, (Iptek) dan budaya lokal. Meningkatkan kemakmuran masyarakat melalui pengetahuan lembaga ekonomi kerakyatan serta pemanfaatan sumber daya Pertanian dan Perikanan secara maksimal. Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan sesuai standar. Mengembangkan Infrastruktur wilayah dan pengelolaan lingkungan secara tertanggungjawab. Meningkatkan peran masyarakat dalam mewujudkan keunggulan daerah yang berbasis kearifan lokal. Mengembangkan reformasi birokrasi dengan mewujudkan pemerintahan yang bersih, profesional dan mengayomi rakyat. Menguatkan peran pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat. Serta meningkatkan pendapatan asli daerah.(CIK/ADV)

------ ======================

Berita Populer

To Top